Biaya Masuk Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2024, Terlengkap!

Anjar Rizki

Sebelum mendaftar, kamu tentu perlu tahu berapa biaya masuk Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Ponpes satu ini bahkan telah memiliki banyak cabang di berbagai daerah.

Lembaga pendidikan berbasis agama Islam ini tidak hanya bisa kamu temukan di Jakarta saja. Akan tetapi telah tersedia juga di kota-kota besar lainnya seperti Bogor, Tangerang, hingga Lampung.

Pondok pesantren ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang mulai SMP/MTs hingga SMA/MA. Untuk biaya masuknya sendiri tergolong tidak terlalu mahal walaupun berada di kota-kota besar.

Sekarang pun Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah membuka santri baru untuk tahun ini. Kamu juga tentu wajib mengetahui berapakah biaya masuk yang perlu dibayarkan sebelum mendaftarkan diri.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Terbaru

Biaya Masuk Pondok Pesantren Asshiddiqiyah terbaru
Source image: facebook.com

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah bisa menjadi pilihan apabila kamu ingin belajar agama Islam dengan lebih dalam. Sedangkan untuk estimasi biaya masuk per cabangnya sendiri umumnya akan berbeda satu dengan lainnya. Berikut biaya selengkapnya:

InformasiBiaya
Formulir pendaftaranRp 200.000
Daftar ulangRp 8.500.000
Seragam putriRp 580.000
Seragam putraRp 300.000
Total BiayaRp 9.580.000

Untuk biaya masuk di atas dapat dibayarkan setelah peserta dinyatakan lulus sehingga penting bagi setiap peserta untuk mengetahui informasi tentang kelulusannya terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui juga bahwa biaya tersebut masih belum mencakup SPP bulanan.

Proses pembayarannya sendiri dapat kamu lakukan langsung ke Kantor Penerimaan Santri Baru, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Selain itu, kamu juga bisa membayarkannya melalui transfer ke rekening resmi dari pondok pesantren ini.

Syarat Masuk di Ponpes Asshiddiqiyah

Syarat Masuk di Ponpes Asshiddiqiyah
Source image: kalsel.kemenag.go.id

Setelah mengetahui informasi mengenai biaya masuknya, kurang lengkap rasanya apabila kamu belum memahami seperti apa syarat masuk di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Oleh karena itu, simak selengkapnya di bawah ini:

  • Mengisi Formulir Pendaftaran

Para peserta yang ingin masuk ke Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, maka mereka perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Proses pengisiannya sendiri dapat kamu lakukan di halaman resmi ponpes ini atau bisa juga di Kantor Penerimaan Santri Baru.

Pastikan mengisi formulir pendaftaran tersebut dengan lengkap dan benar. Peserta nantinya bisa memilih sendiri apakah ingin daftar langsung ke lokasi kantornya atau melakukannya secara online saja agar lebih praktis.

  • Membayar Biaya Formulir Pendaftaran

Untuk dapat masuk ke pondok pesantren ini, maka peserta juga perlu melakukan pembayaran formulir pendaftaran yang telah diisi sebelumnya. Tentu hal ini juga menjadi salah satu syarat wajib agar bisa masuk ke Ponpes Asshiddiqiyah.

Peserta dapat menyelesaikan pembayaran tersebut dengan biaya sekitar Rp 200.000. Kemudian usahakan juga melakukan konfirmasi pada halaman yang tertera di situs pendaftaran online jika mendaftarkan diri secara online.

  • Mengikuti Tes Tertulis/Online

Sebagai salah satu syarat yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya yaitu mengikuti tes tertulis/online di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah ini. Dengan begitu, dapat diketahui apakah peserta nantinya bisa lolos atau tidak.

Adapun tes tersebut meliputi pengetahuan agama, umum, baca tulis Al-Quran, psikotes, hingga interview sehingga penting untuk mempersiapkan diri juga agar nantinya kamu bisa lolos tes. Hasil tesnya sendiri akan dikonfirmasi sekitar dua hari setelah pelaksanaan.

  • Melakukan Pendaftaran Ulang

Apabila kamu dinyatakan lulus tes di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, maka tentu wajib untuk segera melakukan proses pendaftaran ulang. Yakni dengan membayar biaya masuk yang sudah dijelaskan sebelumnya, serta menyerahkan beberapa dokumen seperti:

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP orang tua
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Fotokopi ijazah 2 lembar (bisa menyusul)
  • Fotokopi SKHUN 2 lembar (bisa menyusul)
  • Surat keterangan mengenai kelakuan baik dari sekolah sebelumnya
  • Membayar Biaya Pendaftaran Ulang

Selain perlu menyerahkan berbagai dokumen di atas, peserta nantinya juga diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran ulang terlebih dahulu. Hal ini juga sekaligus menjadi syarat agar bisa masuk ke Pondok Pesantren Asshiddiqiyah.

Adapun biaya daftar ulang tersebut mulai Rp 8.500.000 serta bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari lembaga pendidikan satu ini. Selain itu, setiap cabang pondok pesantren tersebut juga memiliki biaya pendaftaran ulang berbeda-beda satu sama lain.

Profil Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Profil Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
Source image: liputan6.com

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang didirikan oleh Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Proses pendirian tersebut dilakukan tepat pada bulan Juli 1985 lalu.

Pondok pesantren ini sendiri memiliki komitmen untuk tetap eksis menjadi benteng perjuangan syiar Islam di tanah air. Kapasitasnya juga diharapkan mampu menjadi lembaga pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan terbaik di Indonesia.

Sampai saat ini pun tercatat Pondok Pesantren Asshiddiqiyah telah memiliki berbagai cabang di beberapa kota. Tidak heran jika kehadirannya mampu menjadi solusi tersendiri bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di pesantren.

Fasilitas Pondok Pesantren yang Tersedia

Fasilitas Pondok Pesantren yang Tersedia
Source image: mtsmuasshiddiqiyah.sch.id

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah juga telah menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk mendukung pembelajaran bagi siswa dan siswinya. Dengan begitu, dapat diwujudkan sebuah proses belajar dan mengajar yang berkualitas.

Lantas, apa saja fasilitas yang tersedia? Yaitu seperti asrama santri putra dan putri, asrama pengasuh, kantor, lapangan, kelas, masjid, dapur, koperasi, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, perpustakaan, klik kesehatan, kamar mandi, hingga gudang.

Terlebih, lembaga pendidikan ini juga menawarkan pilihan kegiatan ekstrakurikuler beragam bagi para santri untuk mewadahi minat dan bakat mereka. Seperti renang, bulutangkis, futsal, retorika dakwah, sepakbola, qasidah, tari tradisional, tenis meja, marawis, dan masih banyak lagi.

Alamat Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Alamat Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
Source image: hujroh.com

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah beralamat di Jalan Panjang No.6C tepatnya pada Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat. Yakni merupakan alamat pusat dari pondok pesantren tersebut.

Sedangkan untuk cabang-cabang lainnya memiliki alamat yang berbeda. Adapun diantaranya terletak di Serpong, Tangerang, Karawang, Bogor, Cianjur, hingga Lampung.

Hal ini berarti kamu bisa menyesuaikan pemilihan pondok pesantren tersebut dengan lokasi terdekat masing-masing. Seluruh alamat Pondok Pesantren Asshiddiqiyah juga berada di tempat strategis sehingga cukup mudah menemukannya.

Program Pendidikan di Ponpes Asshiddiqiyah

Program Pendidikan di Ponpes Asshiddiqiyah
Source image: asshiddiqiyah2.com

Kamu juga perlu mengetahui apa saja program pendidikan yang disediakan di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Setiap programnya dapat dijadikan pilihan sesuai kebutuhan peserta yang ingin mendaftarkan diri, seperti:

  • SMP/MTs

Pondok Pesantren Asshiddiqiyah menawarkan program pendidikan jenjang SMP atau setara dengan MTs. Program pendidikan satu ini sendiri telah resmi mendapatkan akreditasi A sehingga tentu kualitasnya tidak perlu diragukan.

Dengan begitu, para siswa yang telah lulus dari bangku SD maupun MI bisa melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Yaitu pada jenjang SMP atau MTs dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap dibandingkan sekolah-sekolah lainnya.

  • SMA/MA

Tersedia juga program pendidikan berikutnya yaitu untuk jenjang SMA atau MA. Terlebih, pendidikan di pondok pesantren ini juga telah mengantongi akreditasi A.

Tidak hanya itu, tersedia juga jenjang pendidikan SMK dengan akreditasi A. Adapun jurusannya mulai dari multimedia, teknik komputer dan jaringan, otomotif, hingga bisnis.

  • Ma’had Aly

Adapun program pendidikan berikutnya yang tersedia yakni Ma’had Aly. Yakni sebuah pondok pesantren tinggi setara dengan universitas lainnya di Indonesia sehingga para siswa nantinya tetap bisa melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA/MA.

Jika masuk ke jenjang pendidikan Ma’ad Aly di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah ini nantinya mahasiswa berkesempatan untuk memperoleh beasiswa. Adapun jurusannya yang ada seperti S1 Sejarah dan Peradaban Islam.

  • Ma’had  Aytam

Ponpes Asshiddiqiyah juga hadir dengan program pendidikan Ma’ad Aytam. Yaitu sebuah pondok pesantren yang dikhususkan bagi mereka anak-anak yatim maupun piatu.

Tentu tidak heran jika program pendidikan yang diberikan termasuk sangat lengkap. Pastinya, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah mampu berperan sebagai lembaga pendidikan maupun sosial yang berkomitmen penuh dalam mendukung para murid-muridnya di bidang ajaran Islam.

Kesimpulan

Kini kamu telah memahami informasi penting tentang biaya masuk Pondok Pesantren Asshiddiqiyah. Lembaga pendidikan ini sendiri sangat memperhatikan kesejahteraan santrinya sehingga tidak heran jika program pendidikan dan fasilitasnya begitu lengkap.

Pastinya biaya masuk yang dibayarkan akan sebanding dengan kesejahteraan setiap santri. Mereka bahkan tidak hanya akan memperoleh pendidikan berbasis agama saja, tetapi juga mendapatkan pengajaran umum sehingga tetap mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.

Apabila kamu tertarik untuk mendaftar, maka jangan ragu untuk segera melakukannya. Dengan begitu, bisa merasakan sendiri seperti apa pendidikan berkualitas yang telah disediakan oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah.

Bagikan:

Tags