Apa Itu Bimbel, Definisi, Manfaat dan Tujuan

Anjar Rizki

apa itu bimbel

Bagi kamu yang belum tahu apa itu bimbel, penting sekali mencari informasi definisi dan contoh mata pelajaran apa saja di dalamnya. Umumnya, bimbel dapat memberikan banyak manfaat untuk anak pelajar usia dini maupun dewasa.

Untuk menambahkan intensitas belajar anak, bimbel menjadi pilihan tepat oleh orang tua. Di dalamnya ada pilihan pendidikan formal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi.

Pastinya setiap lembaga bimbel memiliki tenaga pengajar profesional, berpengalaman serta lulusan perguruan tinggi. Dengan begitu, orang tua bisa mengharapkan anaknya berprestasi di dalam pendidikan.

Karena bimbel merupakan aspek penting untuk mendukung perkembangan pendidikan anaknya. Kami sudah merangkum tentang apa itu bimbel, fungsi dan betapa penting mengikutinya. Ingin tahu lebih jelas? Simak terus ulasan di bawah ini.

Apa Itu Bimbel?

pengertian bimbel
source: businessinsider.com

Mengawali pembahasan di awal, kami masuk ke poin utama yaitu pengertian atau definisi bimbel secara umum. Perlu dipahami, bimbel singkatan dari bimbingan belajar yang sudah tidak asing didengar pada kalangan pelajar maupun orang tua.

Adanya bimbingan belajar memiliki tujuan dan manfaat bagi peserta didik yaitu menambah pengetahuan metode belajar lebih efisien, menyelesaikan tugas sekolah serta mempersiapkan diri untuk ulangan atau ujian. Dengan begitu, orang tua lebih yakin anak akan berprestasi di sekolah.

Namun, dalam memilih tempat bimbel terbaik bisa meminta rekomendasi dari beberapa pihak terkait. Seperti orang tua murid, kepala sekolah, guru BK, wali kelas atau teman sekelas. Ada juga dari segi penilaian sendiri berdasarkan tenaga pengajarnya berasal dari lulusan perguruan tinggi ternama atau berpengalaman.

Jadi, definisi apa itu bimbel adalah kegiatan pembelajaran tambahan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam sekolah. Oleh karena itu, peserta didik bisa menambah intensitas belajar serta meningkatkan prestasi belajar yang sempurna.

Apa Itu Bimbel Menurut Ahli

apa itu bimbel menurut ahli
source: longmotleader.com

Setelah tahu definisi bimbingan belajar secara umum yang diketahui oleh orang tua maupun kalangan pelajar sekolah. Selanjutnya, ada beberapa definisi lain yang diutarakan menurut ahli di bawah ini.

Hermawan

Menurut Kardinata dalam Hermawan (2012) menjelaskan definisi bimbingan belajar yaitu proses membantu individu atau siswa untuk mencapai perkembangan lebih sempurna. Dimaksudnya proses membantu individu adalah membantu siswa yang mengalami masalah-masalah belajar.

Sukardi

Menurut Winkel dalam Sukardi (2010) telah menjelaskan bahwa bimbingan belajar atau akademik dalam menemukan cara belajar yang tepat sesuai program studinya. Di dalam pengajaran akan mengatasi permasalahan serta tuntutan belajar di suatu institusi pendidikan. Dengan begitu, peserta didik mampu mengembangkan diri, sikap serta kebiasaan belajar yang baik.

Rochman Natawidjaja

Menurut Rochman Natawidjaja dalam buku Syamsu Yusuf (2005) bimbingan dapat diartikan sebagai proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara tatap muka. Sehingga mampu mengarahkan, memahami serta bertindak sesuai keadaan lingkungan sekolah.

Bernard

Menurut Bernard (1997) bahwa menyatakan bimbingan belajar terfokus pada proses pembelajaran. Kemudian, siswa dapat bimbingan belajar dari sistem sosial yang telah ada di sekolah. Perlu dipahami bahwa bimbingan belajar harus terfokus dalam proses pembelajaran serta pihak sekolah yang menyediakan untuk para siswa.

Brock

Menurut Brock (1982) menjelaskan bimbingan belajar dilakukan pada waktu tertentu oleh para siswa untuk memecahkan masalah. Pada permasalahan belajar, tenaga pengajar bertanggung jawab serta membantu siswa menemukan masalah, memikirkan solusi dan evaluasi terbaik.

Prayitno

Menurut Prayitno (2004) bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan sangat penting diselenggarakan dalam sekolah. Pengalaman kegagalan yang ditujukan oleh siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan kebodohan atau rendahnya intelegensi.

Cece Rakhmat

Menurut Cece Rakhmat bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan dari guru atau pembimbing terhadap siswa ingin mengembangkan cara belajar. Dalam pengembangan belajar, suasana harus kondusif agar siswa dapat mengatasi kesulitan belajar sehingga hasilnya lebih optimal.

Tujuan Bimbel

tujuan bimbel
source: funtecherprivate.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya, lewat bimbingan belajar para peserta didik akan mendapatkan arahan atau bantuan dalam menerima materi pembelajaran lebih dalam. Tentu, di dalam bimbingan belajar ada berbagai macam kegiatan dapat diikuti.

Mengadakan kegiatan bimbingan belajar tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu, kegiatan belajar dilakukan dengan tujuan seperti di bawah ini.

  • Tujuan pertama yaitu membantu siswa memahami belajar dengan waktu singkat. Dalam menerapkan kegiatan tersebut akan menjadikan kebiasaan baik seperti membaca buku, mengerjakan tugas maupun meningkatkan konsentrasi.
  • Para peserta mengikuti bimbingan belajar akan dipandu untuk memahami teknik belajar efektif sesuai kemampuannya. Hal tersebut bertujuan agar proses belajar lebih sempurna serta efisien.
  • Mampu meningkatkan semangat peserta didik dalam merencanakan alur pendidikan sesuai keinginan.
  • Melatih mental peserta didik untuk siap menjalani ujian dengan hasil maksimal.
  • Dapat membentuk sikap disiplin terhadap jadwal belajar yang sudah dibuat.
  • Mengarahkan dan mengembangkan potensi, baik yang sudah terlihat maupun belum.

Fungsi Bimbel

fungsi bimbel
source: funtecherprivate.com

Setiap tempat bimbingan belajar akan memberikan bantuan kepada peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi serta hasil belajar lebih sempurna. Dengan begitu, bimbel memberikan seorang pembimbing profesional dan berpengalaman dalam dunia pendidikan.

Untuk kamu yang ingin masuk bimbingan belajar, lebih baik memilih di daerah terdekat dan memilih kelas sesuai jenis pendidikan. Sehingga, ketika mengikuti proses pembelajaran bimbel tidak sia-sia mengeluarkan biaya.

Semua tempat bimbingan belajar pastinya memiliki fungsi yang sama yaitu mencerdaskan peserta didik. Ingin tahu apa fungsi bimbel lebih banyak? Simak terus pembahasan di bawah ini.

1. Mengoptimalkan Kemampuan Anak

Pemahaman dan kemampuan setiap peserta didik pasti berbeda-beda. Dengan mengikuti bimbingan belajar, peserta didik diharapkan lebih aktif untuk bertanya apabila materi belum dipahami serta dianggap sulit. Hal ini berguna untuk memecahkan suatu masalah metode pembelajaran, sehingga lebih mudah menyerap ilmunya.

Namun, proses pembelajaran di kelas bimbingan belajar dipastikan dalam kondisi kondusif atau tidak gaduh. Sehingga pembimbing akan mudah menjelaskan serta dapat dipahami oleh peserta didik.

2. Peserta Didik Pandai Bersosialisasi

Ketika mengikuti bimbel, peserta didik akan mendapatkan teman baru dan terbiasa aktif bertanya tentang memecahkan suatu persoalan atau kesulitan yang dihadapi. Selain itu, peserta didik akan tahu bagaimana cara sosialisasi dengan orang baru dan cara berkenalan.

Karena tidak selalu pembimbing akan bertanya kepada peserta didik, sehingga semua bisa bertanya dengan teman ataupun sekelilingnya. Hal ini sudah diterapkan di beberapa tempat bimbingan belajar.

3. Lolos Seleksi Ujian

Fungsi dari mengikuti bimbingan belajar berikutnya yaitu membantu para peserta didik tingkat SMA dalam rangka seleksi UTBK SBMPTN. Sehingga, ketika mengerjakan soal ujian tersebut dapat nilai bagus dan lolos seleksi.

Karena di bimbingan belajar akan memberikan contoh soal UTBK SBMPTN yang sangat banyak dan diyakini benar 100%. Tidak hanya satu jenis contoh soal saja, tetapi ada berbagai macam pilihan berdasarkan jurusan.

4. Menempuh Kesuksesan

Sebagian orang tua tidak mengira bahwa mengikuti bimbingan belajar berfungsi untuk mendukung kesuksesan. Karena bimbel sendiri mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan para peserta didik sehari-hari dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai perguruan tinggi.

Namun, sebagai orang tua harus memberikan semangat serta perhatian penuh terhadap anaknya saat mengikuti bimbingan belajar. Sehingga anak akan lebih semangat mengikuti arahan pembimbing.

5. Memberikan Arahan

Fungsi terakhir dari bimbingan belajar yaitu memberikan arahan yang jelas dari mulai pembelajaran awal sampai materi telah selesai. Pada tahap awal akan diberikan materi cukup ringan sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.

Tentunya, pembimbing bimbel akan memberikan contoh soal atau materi sesuai dengan kurikulum sekolah. Dengan begitu, peserta didik bisa mengerjakan soal-soal di sekolah dengan mudah.

Manfaat Bimbel

manfaat ikut bimbel
source: rezekiapps.com

Setiap seseorang mengikuti bimbel akan merasakan manfaat ketika mengikuti proses bimbingan. Tentu, manfaat tersebut tidak dirasakan oleh seorang yang tidak mengikuti bimbingan tersebut.

Padahal manfaat bimbel sangat besar bagi kehidupan pelajar maupun seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Setelah tahu apa itu bimbel beserta fungsinya, penting sekali tahu beberapa manfaat yang perlu diketahui. Simak terus ulasan di bawah ini.

1. Meningkatkan Minat Belajar

Manfaat utama mengikuti bimbel yaitu meningkatkan minat pemahaman siswa dalam pembelajaran di sekolah. Karena tidak semua murid bisa mengikuti proses pembelajaran di sekolah, sehingga bimbel adalah solusinya.

Selain itu, sekolah memiliki tingkatan berbeda-beda dalam pemahaman suatu materi. Sebab itu, lewat bimbel akan lebih memudahkan siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.

2. Membantu Menyelesaikan Soal

Manfaat selanjutnya dari bimbel yaitu membantu menyelesaikan soal tugas dari sekolah. Namun tahap penyelesaian, pembimbing akan memberikan cara menjawab dari soal mudah hingga sulit. Sehingga siswa sekolah terlatih dalam menjawab pertanyaan sendiri.

Ada berbagai macam metode pembelajaran untuk menyelesaikan soal-soal sulit sesuai mata pelajaran. Terpenting, pembimbing bimbel akan memudahkan dalam mengerjakan soal.

3. Waktu Belajar Efisien

Ketika mengikuti bimbel akan meningkatkan frekuensi atau waktu belajar pada siswa. Meskipun sudah belajar full di sekolah, tetapi bimbel dapat membantu untuk belajar di rumah dan mengingat kembali pelajaran di sekolah yang telah disampaikan oleh guru.

Secara umum, waktu mengikuti bimbel bisa memilih di hari libur ataupun sesudah pulang sekolah. Ketika ada waktu khusus tersendiri, maka buatlah perjanjian dengan pembimbing atau lembaga bimbel.

4. Biaya Lebih Terjangkau

Manfaat bimbel berikutnya yaitu biaya relatif lebih terjangkau ketimbang mengikuti les privat. Karena biaya bimbel umumnya dibayar secara bulanan atau per paket berdasarkan kemampuan orang tua membayarnya.

Rata-rata biaya bimbel per siswa sebesar Rp 75.000 dalam satu mata pelajaran dan waktu 1 jam. Mungkin untuk bulanan bisa mencapai Rp 300.000 agar dilakukan secara rutin.

5. Meningkatkan Percaya Diri

Setiap orang akan muncul percaya diri ketika berhasil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, bimbel akan memberikan arahan kepada peserta didik agar berhasil memahami serta mengerjakan soal yang telah diberikan.

Dengan begitu, setiap peserta didik rasa percaya diri akan semakin meningkatkan. Sehingga akan lebih siap untuk menghadapi tantangan akademis seperti ulangan, ujian dan lain sebagainya.

Contoh Mata Pelajaran Bimbel

contoh mata pelajaran bimbel
source: liveabout.com

Sudah dijelaskan pada pembahasan awal bahwa mengikuti bimbel harus memilih salah satu mata pelajaran yang ingin ditingkatkan kemampuannya. Pastinya pembelajaran di tempat tersebut dapat disesuaikan dari sekolah formalnya.

Namun, tidak semua materi pelajaran di sekolah dapat diajarkan pada bimbel seperti PJOK. Secara umum bimbel akan mengajarkan materi pelajaran yang terdapat di Ujian Nasional. Ingin tahu lebih jelasnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

1. Matematika

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan mata pelajaran Matematika yang dipercayai sangat sulit dipelajari. Selain itu, mata pelajaran Matematika harus dipelajari karena akan muncul di Ujian Nasional ataupun Try Out.

Oleh karena itu, di setiap tempat bimbel pasti tersedia mata pelajaran Matematika untuk memudahkan dalam penyelesaian soal. Bahkan, ada tempat bimbel yang hanya khusus melatih soal-soal atau rumus Matematika seperti di les Kumon.

2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau sering disingkat IPA sudah dipelajari sejak Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Dari mata pelajaran IPA dibagi menjadi 3 jurusan yaitu Fisika, Kimia dan Biologi.

Pada kurikulum terbaru, mata pelajaran IPA di sekolah SMA hanya dipelajari oleh siswa dengan jurusan MIPA saja. Oleh karena itu, mata pelajaran ini dapat dipelajari pada tempat bimbel.

3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Tidak hanya mata pelajaran IPA saja, tetapi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sama halnya IPA, di dalam mata pelajaran IPS dapat mempelajari sejarah, ekonomi, sosiologi dan geografi hanya dikhususkan oleh siswa SMA.

IPS merupakan mata pelajaran yang harus dipelajari karena akan muncul pada Ujian Nasional ataupun Try Out. Maka membutuhkan pembimbing bimbel untuk mempelajari soal-soal ataupun pengetahuan umum.

4. Bahasa Inggris

Mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi kewajiban yang harus dipelajari oleh setiap siswa. Selain itu, mata pelajaran ini akan muncul di soal-soal Ujian Nasional ataupun Try Out.

Tidak hanya di sekolah saja, tetapi di perguruan tinggi sangat dibutuhkan nilai bahasa Inggris yang cukup baik untuk masuk ke dunia kerja. Maka dari itu, sering sekali bimbel khusus TOEFL diadakan.

5. SBMPTN

Selain kebutuhan bimbel untuk mata pelajaran, pastinya kalangan pelajar SMA kelas 12 membutuhkan bimbingan agar lulus SBMPTN. Karena seleksi ini lebih sulit dibandingkan ujian biasanya, jadi banyak yang membutuhkan bimbingan belajar agar bisa lulus tes.

Namun, untuk mengikuti bimbel SBMPTN jauh lebih intensif atau waktu pertemuan akan lebih banyak. Sehingga uang yang dibayarkan kepada pembimbing juga tidak sedikit.

7. CPNS

Terakhir yaitu ada bimbel CPNS yang ditujukan kepada lulusan sarjana ataupun SMA agar bisa diterima sebagai PNS(Pegawai Negeri Sipil). Sama halnya SBMPTN, CPNS juga harus mengikuti beberapa tes agar dinyatakan lulus seleksi.

Maka tidak heran kalau bimbel CPNS banyak diminati oleh banyak orang. Namun, untuk mengikuti bimbingan CPNS harus membayar biaya masuk serta bulanan yang cukup mahal.

Alasan Ikut Bimbel

Alasan Ikut Bimbel
source: indonesiacollege.co.id

Setelah tahu apa itu bimbel secara spesifik, maka sudah tidak ragu untuk mendaftarkan anaknya. Namun, ada beberapa hal mendasari orang tua harus mendaftarkan anaknya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini adalah alasan ikuti bimbel.

  • Anak tidak mampu mengikuti salah satu mata pelajaran di sekolah dengan baik.
  • Anak tidak bisa fokus dalam proses pembelajaran di sekolah.
  • Terus-terusan mendapatkan nilai ujian rendah yang diselenggarakan oleh pihak sekolah ataupun pemerintah.
  • Meningkatkan peluang masuk perguruan tinggi favorit.
  • Mendapatkan peluang agar bisa lolos CPNS.
  • Ingin mendaftarkan anaknya, karena waktu pembelajaran di sekolah kurang efektif.

Kelebihan Bimbel

Kelebihan Bimbel
source: lbbcendikia.com

Suatu kelebihan dari bimbel yaitu dilakukan pada saat luar jam sekolah dengan menambahkan materi atau pembahasan untuk peserta didik. Adapun kelebihan lainnya dari bimbel, antara lain.

  • Meningkatkan minat dan motivasi belajar dengan berbagai macam metode pembelajaran.
  • Pembelajaran dapat berlangsung kapan saja, di mana saja serta bisa secara online.
  • Harga bimbingan belajar online relatif lebih murah dibandingkan offline.
  • Materi pelajaran yang belum pernah dipelajari dapat diputar berulang-ulang.
  • Mampu mengasah kecerdasan dengan cepat.
  • Pembimbing bisa melakukan bimbingan belajar privat di rumah.

Kekurangan Bimbel

Kekurangan Bimbel
source: ikurniawan.com

Tidak hanya kelebihan saja, tetapi bimbingan belajar memiliki kekurangan di setiap lembaga atau penyedia. Sebelum mendaftarkan anaknya, lebih baik mengetahui kekurangan dari bimbel sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan. Berikut ini penjelasannya.

  • Meskipun lebih kondusif, tetapi bimbingan belajar tetap bersama-sama dengan teman.
  • Akan mendapatkan materi hanya beberapa jam saja, sehingga waktunya cukup terbatas.
  • Tidak bisa mengulang materi ketika tidak paham.
  • Kurangnya diawasi oleh orang tua.

Jurnal Bimbingan Belajar PDF

Jurnal Bimbingan Belajar PDF
source: thespruce.com

Bukan sekedar tempat atau fungsi mengikuti bimbel, tetapi para mahasiswa kerap menggunakan pengertian bimbingan untuk menyelesaikan tugas skripsi. Oleh karena itu, kami akan membantu kamu untuk menemukan jurnal bimbingan belajar PDF seperti di bawah ini.

1. Jurnal Bimbel dari UNY

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Banyak sekali mahasiswa melakukan penelitian tentang bimbel mulai dari tujuan, fungsi dan manfaat terhadap anak usia dini hingga dewasa. Berikut ini adalah jurnal bimbel dari UNY.

2. Jurnal Bimbel dari UMS

Kemudian ada jurnal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dilakukan mahasiswa dengan judul kegiatan bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Jika tertarik ingin menambahkan referensi skripsi bisa download di bawah ini.

3. Jurnal Bimbel dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa

Terakhir yaitu jurnal bimbel dari mahasiswa Universitas Sultan Agung Tirtayasa yang berjudul bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di Desa Batukuwung. Jika sedang membutuhkan referensi jurnal tersebut bisa download PDF di bawah ini.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas tentang apa itu bimbel dapat disimpulkan bahwa ada pengertian atau definisi menurut para ahli yang bermanfaat untuk pelajar sekolah. Dengan begitu, tetap jangan salah memilih tempat bimbingan belajar.

Demikian informasi yang dapat disampaikan oleh dilectae.com tentang apa itu bimbel, fungsi, manfaat dan contoh mata pelajaran. Semoga bermanfaat untuk orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke tempat bimbel sesuai kemampuan.

Bagikan: