Biaya Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, SD, SMP dan SMA

Anjar Rizki

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai biaya Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Bogor untuk tahun ajaran baru yang menawarkan program tahfidzh dan pendidikan formal mulai dari tingkat SD hingga SMA. Terlebih lagi, ponpes Madinatul Qur’an masuk dikategori pondok pesantren di Bogor terbaik.

Sebab itu, biaya pendidikan sekolah di pondok pesantren terus mengalami perubahan sebagai respons terhadap berbagai faktor, seperti inflasi, kebutuhan fasilitas pendidikan yang lebih baik, serta peningkatan kualitas pengajaran.

Oleh karena itu, informasi terbaru mengenai biaya dan profil pondok pesantren ini menjadi sangat relevan bagi para orang tua dan calon santri yang tengah mempertimbangkan pendidikan agama yang kokoh dan komprehensif.

Selain itu, dalam artikel ini juga akan dijelaskan mengenai syarat masuk, profil, fasilitas, alamat, dan program yang membuat Pondok Pesantren Madinatul Qur’an menjadi pilihan terbaik sebagai lembaga pendidikan terpilih.

Biaya Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Terbaru

Biaya Pondok Pesantren Madinatul Qur'an terbaru
Source image: suarapesantren.com

Rincian lengkap mengenai biaya sekolah untuk masing-masing jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an memang berbeda-beda. Mulai dari jenjang sekolah SD, SMP, SMA, Tahfidz serta Ma’had Aly.

Berikut adalah rincian biaya di pondok pesantren Madinatul Qur’an yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan memilih lembaga pendidikan ini sebagai tempat belajar ilmu agama untuk putra-putri kamu:

1. SD Tahfidz Madinatul Qur’an

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp. 350.000
Biaya MasukRp. 7.850.000
Biaya BulananRp. 350.000

2. SMP Tahfidz Madinatul Qur’an

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp. 350.000
Biaya MasukRp. 14.600.000
Biaya BulananRp. 1.900.000
Buku dan SeragamRp. 2.500.000

3. SMA Tahfidz Madinatul Qur’an

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp. 350.000
Biaya MasukRp. 14.600.000
Biaya BulananRp. 1.900.000
Buku dan SeragamRp. 2.500.000

4. Tahfidz Intensif Madinatul Qur’an

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp. 350.000
Biaya MasukRp. 2.500.000
Biaya BulananRp. 1.500.000

5. Kelas Ma’had Aly (S1) Madinatul Qur’an

KeteranganBiaya
Biaya PendaftaranRp. 200.000
Fasilitas dan SarprasRp. 2.500.000
Biaya Pembelajaran, Kuliah, Tempat Tinggal, dan Makan Sehari-hariBeasiswa Pesantren

Syarat Masuk Pondok Pesantren Madinatul Qur’an

Syarat Masuk Pondok Pesantren Madinatul Qur'an
Source image: unplash.com

Syarat masuk pondok pesantren merupakan langkah awal yang sangat penting bagi calon santri yang ingin mengenyam pendidikan agama di lembaga tersebut. Berikut adalah syarat-syarat dan tahapan proses pendaftaran pondok pesantren Madinatul Qur’an yang perlu kamu ketahui:

  • Mendaftar secara online melalui laman website https://madinatulquran.or.id/daftar dengan mengisi formulir yang berisi:
  • Pilihan Program Pendidikan
  • Pilihan Jadwal Tes Masuk
  • Data Diri Calon Santri
  • Data Wali dan Orang Tua
  • Pendidikan Terakhir
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Mengikuti tes masuk tertulis dan wawancara sesuai jadwal
  • Menunggu pengumuman kelulusan seleksi

Proses pendaftaran juga dapat dilakukan secara langsung (offline) dengan mengunjungi alamat pondok pesantren, mengisi formulir pendaftaran, dan membayar biaya pendaftaran. Informasi lebih rinci mengenai syarat-syarat dan tahapan proses pendaftaran pondok pesantren Madinatul Qur’an dapat diperoleh melalui website resmi lembaga tersebut.

Profil Pondok Pesantren Madinatul Qur’an

Profil Pondok Pesantren Madinatul Qur'an
Source image: madinatulqurandepok.com

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an, yang terletak di Jonggol, Bogor, merupakan lembaga pendidikan Islam yang menawarkan berbagai program, termasuk Tahfidz dari tingkat SD hingga SMA, serta program Tahfidz & Bahasa Arab, dan Mahad Aly.

Visi lembaga ini adalah untuk membangun generasi Qur’ani, berkarakter, dan visioner, sementara misinya mencakup berbagai aspek, mulai dari pembentukan generasi masyarakat yang Islami hingga pengkaderan agen-agen pembaharuan muda Islami.

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an juga fokus pada pembekalan santri dengan dasar-dasar ilmu syar’i, bahasa Arab, life skills, dan keterampilan, serta melatih mereka untuk menjadi entrepreneur muda yang memiliki mental mandiri Qur’ani. Lebih lanjut, lembaga ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara khusus, seperti Hari Guru dan Khotmil Qur’an bagi santri yang Syafa’at.

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an terletak di Jalan Baru TMMD, Desa Cibodas – Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Bogor 16830.

Fasilitas Pondok Pesantren Madinatul Qur’an

Fasilitas Pondok Pesantren Madinatul Qur'an
Source image: madinatulqurandepok.com

Fasilitas yang disediakan oleh sebuah pondok pesantren memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman para santri. Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung yang disediakan oleh pondok pesantren Madinatul Qur’an untuk para santrinya:

  • Masjid Jami’
  • Musala
  • Asrama
  • Ruang kelas
  • Saung serba guna
  • Perpustakaan
  • Lapangan olahraga
  • Kantin
  • Cashless system
  • UKS
  • Ruang hijau
  • Kamar mandi
  • Green house
  • Lapangan serbaguna

Program Pendidikan Pondok Pesantren Madinatul Qur’an

Program Pendidikan Pondok Pesantren Madinatul Qur'an
Source image: madinatulqurandepok.com

Program pendidikan di Pondok Pesantren Madinatul Qur’an mencerminkan komitmen mendalam lembaga ini untuk memberikan pembinaan ilmu agama. Pastinya, Program Pendidikan di pondok pesantren Madinatul Qur’an mempunyai akreditasi sangat baik dari Kemendikbud.

Jika sudah tidak sabar ingin tahu program pendidikannya, berikut adalah beberapa program pendidikan yang ditawarkan oleh pondok pesantren Madinatul Qur’an Bogor yang perlu kamu ketahui:

1. SD Tahfidz

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an memiliki program pendidikan SD Tahfidz yang bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani yang cinta Al-Qur’an hingga mengamalkannya. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri usia 7-12 tahun.

2. SMP Tahfidz

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an juga memiliki program pendidikan SMP Tahfidz yang bertujuan untuk melanjutkan pendidikan SD Tahfidz dan mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang SMA Tahfidz. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri lulusan SD Tahfidz atau sederajat dengan lama program 3 tahun.

3. SMA Tahfidz

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an memiliki program pendidikan SMA Tahfidz yang bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani yang memiliki keilmuan yang luas dan mampu mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri lulusan SMP Tahfidz atau sederajat.

4. I’dad Lughoh

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an juga memiliki program pendidikan I’dad Lughoh dengan durasi 1 tahun yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di luar negeri. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri lulusan SMA Tahfidz atau sederajat.

5. Tahfidz Intensif

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an memiliki program pendidikan Tahfidz Intensif yang bertujuan untuk mencetak para penghafal Al-Qur’an yang memiliki hafalan yang kuat dan mampu mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri lulusan SMP Tahfidz atau sederajat dengan lama program 3 tahun.

6. Ma’had Aly (S1)

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an juga memiliki program pendidikan Ma’had Aly yang bertujuan untuk mencetak para ulama yang memiliki keilmuan yang luas dan mampu mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diperuntukkan bagi putra dan putri lulusan SMA Tahfidz atau sederajat dengan lama program pendidikan Ma’had Aly adalah 4 tahun.

Kesimpulan

Jadi setelah mengetahui informasi tentang biaya pondok pesantren Madinatul Qur’an dan profilnya, sebagai orang tua kamu dapat mempertimbangkan kembali dalam memilih lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dan mumpuni.

Dengan biaya yang terjangkau, program pendidikan yang komprehensif, dan fasilitas yang memadai, Pondok Pesantren Madinatul Qur’an siap mencetak generasi Qur’ani yang berilmu dan berakhlakul karimah.

Bagikan: