15 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis 2024/2025

Anjar Rizki

Beasiswa kuliah dari pemerintah sangat dicari-cari oleh banyak orang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi. Banyaknya jumlah peminat, maka penting bagi kamu mencari informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dan tips lolos di tahap seleksi.

Jenjang pendidikan sarjana yang banyak diharapkan adalah S1, S2 bahkan doktor. Namun, ada hambatan besar untuk meraih jenjang pendidikan tinggi yaitu biaya masuk atau UKT yang terkadang sangat mahal.

Oleh karena itu, banyak universitas yang telah bekerja sama dengan beberapa lembaga, terutama pemerintah pendidikan yang memberikan beasiswa kuliah gratis. Sehingga calon mahasiswa tidak perlu cemas masalah biaya masuk kuliah mahal karena ada program beasiswa gratis.

Nah, bagi kamu ingin melanjutkan kuliah untuk meraih jenjang pendidikan tinggi dan berminat mengikuti program beasiswa gratis. Kami sudah membuat rangkuman cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari prestasi akademik kampus.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

tips dapat beasiswa kuliah s2
source: akupintar.id

Perguruan tinggi merupakan impian bagi semua orang untuk meraih kesuksesan di dunia profesional dan mendapatkan gaji sangat menjanjikan. Jadi, tidak heran kalau biaya masuk kuliah sangat mahal.

Sebenarnya, mahal atau murah tergantung kampus maupun jurusan yang dipilihnya. Semakin bagus kampus atau jurusan dengan menjanjikan kelulusan memberikan tempat kerja sesuai bidangnya, maka biaya masuknya lebih mahal.

Mungkin, sangat sulit masuk untuk kamu tidak memiliki biaya melanjutkan di perguruan tinggi. Tapi, ada beberapa orang tidak menyerah begitu saja. Karena ada beberapa kampus di Indonesia telah menawarkan program beasiswa kuliah gratis yang diberikan dari pemerintah atau lembaga pendidikan.

Adanya penawaran beasiswa kuliah gratis dari pemerintah atau lembaga, akan memudahkan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S1, S2 bahkan doktor. Namun, tidak semudah dibayangkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Jangan khawatir, karena kami akan memberikan informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari pemerintah atau lembaga pendidikan. Ingin tahu apa saja cara yang harus dilakukan? Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Mencari Informasi Beasiswa Kuliah

Cara pertama harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang beasiswa kuliah gratis. Untuk mendapatkan informasi tersebut bisa melalui kampus, situs, sosial media, grup alumni, teman atau rekomendasi langsung dari dosen.

Selain itu, kamu bisa melakukan riset secara langsung dengan mendatangi beberapa lembaga pendidikan yang sering memberikan beasiswa kuliah. Jangan sampai ketinggalan, kamu harus menanyakan deskripsi program beasiswa kuliah yang ditawarkan. Diantaranya penempatan lokasi luar negeri atau dalam negeri.

Tentu, dalam mencari informasi beasiswa kuliah gratis sesuai dengan bidangnya atau jurusan diinginkan. Mengapa begitu? Untuk memudahkan di tahap seleksi.

2. Mendaftar di Awal

Setelah menemukan informasi dan menentukan pilihan beasiswa kuliah gratis yang sesuai keinginan. Nantinya kamu akan mendapatkan informasi deadline atau tenggat waktu pendaftaran dan penyerahan persyaratan serta dokumen yang harus diserahkan kepada lembaga.

Agar lolos mendapatkan beasiswa gratis, maka kamu gunakan cara mendaftar di awal. Hal tersebut bertujuan agar pihak lembaga dapat memperhatikan dan melihat kemampuan yang dimiliki kamu secara intensif. Biasanya, semakin banyak orang mendaftar tingkat kesulitan mendapatkan beasiswa sangat besar.

Secara umum lembaga beasiswa kuliah gratis akan memberikan informasi pendaftaran sebelum tahun ajaran baru kampus.

3. Memenuhi Persyaratan Beasiswa

Supaya beasiswa yang diajukan tepat dengan sasaran sesuai jurusan diambil, ada baiknya kamu memperhatikan persyaratan atau kriteria yang diberikan oleh lembaga. Karena ada satu syarat sangat umum bagi pendaftar yaitu tidak sedang menerima program beasiswa kuliah gratis dari lembaga manapun.

Kemudian, untuk persyaratan lainnya terkadang bisa berbeda-beda di setiap lembaga beasiswa kuliah gratis. Untuk cara paling tepat yaitu kamu harus menyesuaikan apa saja yang menjadi persyaratan dari lembaga dituju dan tidak boleh membeda-bedakan.

4. Lengkapi Semua Dokumen

Setelah memenuhi persyaratan atau kriteria dari penyedia beasiswa kuliah gratis. Selanjutnya kamu harus melengkapi dan mengumpulkan semua dokumen yang harus dilampirkan.

Adapun beberapa dokumen harus dilampirkan yaitu KTP, SKCK, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir dan masih banyak lainnya. Dalam mengumpulkan bekas syarat jangan sampai tertinggal satupun, supaya petugas bisa memproses pengajuan beasiswa kuliah gratis dengan cepat.

5. Membuat Esai yang Jelas

Salah satu cara cepat mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah membuat esai yang jelas, lengkap dan langsung ke tujuan. Di dalam tulisan esai dimasukkan informasi tentang pilihan program studi, universitas yang diinginkan serta rencana setelah lulus ingin bekerja atau melanjutkan pendidikan.

Dengan melampirkan esai yang jelas, maka penyedia beasiswa kuliah gratis akan paham maksud dan tujuan kamu. Jika menarik, kemungkinan mendapatkan beasiswa sangat besar tanpa mengikuti tahap seleksi.

6. Perhatikan Tenggat Waktu Pengajuan

Dalam memerhatikan tenggat waktu pengajuan, maka peluang mendapatkan beasiswa kuliah gratis sangat besar. Sebab itu, jangan sampai mengabaikan tenggat waktu pengajuan pendaftaran ataupun persyaratan yang harus diserahkan.

Ada bocoran nih, biasanya beasiswa menetapkan tanggal batas yang ketat sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut. Bahkan melewati waktu tenggat 1 hari saja sudah tidak bisa mengajukan beasiswa gratis.

7. Ikuti Seleksi dan Wawancara

Untuk mendapatkan beasiswa gratis, maka kamu harus mengikuti seleksi dan wawancara setelah pengumuman setelah lolos di tahap pendaftaran. Karena langkah seleksi dan wawancara sangat penting untuk menentukan apakah mendapatkan atau tidak.

Jika tidak mengikuti di tahap seleksi, maka sudah pasti tidak menerima beasiswa gratis. Untuk mendapatkan kesempatan tersebut harus menunggu kurang lebih 1 sampai 2 tahun tergantung jadwal pembukaan mahasiswa baru.

8. Memilih Jurusan Kurang Peminat

Ingin mendapatkan beasiswa dengan peluang besar? Maka kamu harus ikuti cara ini yaitu memilih jurusan kurang peminat. Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan beasiswa dan gelar S1 tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Sayangnya, tidak semua penyedia beasiswa gratis menawarkan jurusan yang jarang diminati. Kebanyakan jurusan yang didapatkan yaitu mengarah langsung ke dunia kerja seperti CPNS.

Sebenarnya semua tergantung terkait kerja sama kampus dengan lembaga penyedia beasiswa gratis. Oleh sebab itu, penting sekali kamu mencari informasi terkait brosur beasiswa kuliah dengan benar.

9. Memiliki Prestasi Akademik

Jika memiliki prestasi akademik bisa meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Karena beberapa kampus sering meminta calon penerima beasiswa kuliah gratis untuk melampirkan bukti prestasi akademik ataupun non akademik yang telah dicapai.

Ketika melampirkan bukti prestasi akademik asli, kamu akan mendapatkan beasiswa kuliah gratis berdasarkan dedikasi, kemampuan dan komitmen terhadap pencapaiannya. Biasanya, untuk kamu yang menunjukan bukti prestasi kepada penyedia beasiswa akan memberikan kontribusi positif terhadap masa depan.

10. Memiliki Sertifikat Seminar

Kamu sering mengikuti seminar? Pastinya mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti telah mengikuti sampai selesai. Untuk kamu sering mengikuti seminar bisa mengajukan beasiswa kuliah gratis ke kampus ataupun lembaga.

Adanya penawaran tersebut bertujuan agar mahasiswa memiliki sertifikat seminar dan ilmu sudah didapatkan bisa mengaplikasikan ke kampus. Jadi, terkadang kampus akan memberikan fasilitas lebih kepada mahasiswa sering mengikuti seminar.

11. Menguasai Bahasa Asing

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis agar langsung terjun ke dunia kerja adalah menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang dan masih banyak lainnya. Sebuah nilai tambahan jika bisa menguasai bahasa asing ketika mengambil beasiswa gratis.

Sudah pasti serta jelas didapatkan karena lembaga penyedia beasiswa kuliah gratis akan mengambil anak yang memiliki kemampuan atau keterampilan. Oleh karena itu, segera mungkin belajar menguasai beberapa bahasa asing agar mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

12. Berani Berbicara di Depan Orang

Sebagaimana anak ingin masuk ke pendidikan lebih tinggi harus memiliki keterampilan dalam berbicara di depan orang banyak. Hal ini bisa melatih mental disaat berhadapan dengan orang penting atau mengisi sebuah seminar sesuai tema acara.

Cara ini kerap diterapkan oleh anak baru saja lulus SMA/SMK/MA/Sederajat untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Dengan begitu, bisa melampirkan keterampilan tersebut di esai latar belakang kamu. Sehingga petugas bisa dapat melihat kemampuan dimilikinya.

13. Sering Mengikuti Kegiatan Sosial dari Kampus

Jika kamu ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi S2 atau doktor, maka harus aktif mengikuti kegiatan sosial dari kampus. Ketika mengikutinya dan memiliki kinerja bagus, maka akan diberikan rekomendasi untuk melanjutkan pendidikan S2 di kampus tersebut.

Bukan main-main, kalau kampus sudah memberikan rekomendasi melanjutkan S2. Pastinya diberikan beasiswa kuliah gratis disaat pengumuman kelulusan atau sering disebut wisuda.

14. Menggunakan Kartu Indonesia Pintar

KIP merupakan kepanjangan dari Kartu Indonesia pintar akan memungkinkan mahasiswa dari keluarga dengan kondisi kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Program ini dilangsungkan dari pemerintah pendidikan dengan memberikan beasiswa kuliah gratis.

Adanya KIP bisa digunakan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) serta perguruan tinggi swasta (PTS) melalui berbagai macam seleksi. Cara ini sering dilakukan oleh semua orang Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

15. Jangan Menyerah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis memang sangat sulit dilakukan, namun bersabarlah dan jangan menyerah selama masih ada tekad atau usaha. Karena semua orang telah memiliki kesempatan untuk sukses dengan meraih pendidikan tinggi.

Pastikan semua cara diatas sudah dilakukan demi mewujudkan cita-cita meraih gelar S1, S2 bahkan doktor. Untuk menghindari adanya penipuan, alangkah baiknya mengikuti beasiswa dari pemerintah pendidikan secara resmi.

Syarat Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

syarat mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri
source: flip.id

Menyinggung pada pembahasan di atas bahwa kamu harus memenuhi syarat dan kriteria sesuai lembaga yang memberikan beasiswa gratis. Secara umum, setiap lembaga atau pemerintah pendidikan memberikan syarat dan ketentuan berbeda-beda.

Jika kamu sedang mencari referensi apa syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

  • Sebagai warga negara Indonesia
  • Telah menyelesaikan S1 untuk beasiswa S2 lalu menyelesaikan S2 untuk jenjang S3
  • Tidak sedang menempuh pendidikan program magister atau doktoral di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri
  • Jika sudah menyelesaikan S2 tidak boleh mendaftar beasiswa magister
  • Menyertakan surat rekomendasi dari akademis dan belum bekerja
  • Memilih kampus atau jurusan sesuai rekomendasi lembaga
  • Beasiswa hanya untuk kelas reguler
  • Melengkapi semua formulir pendaftaran
  • Bersedia tandatangan surat pernyataan
  • IPK S2 minimal 3,00 dilengkapi transkip nilai sudah legalisir
  • IPK S3 minimal 3,25
  • Menyertakan surat bukti kemampuan dalam bahasa Inggris

Catatan: Syarat-syarat diatas merupakan persyaratan umum sering digunakan oleh lembaga penyedia beasiswa kuliah gratis. Adapun beberapa lembaga atau pemerintah pendidikan membuat persyaratan khusus. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mengenai persyaratan bisa menghubungi secara langsung.

Tips Lolos Tahap Seleksi Beasiswa Kuliah Gratis

tips lolos seleksi beasiswa kuliah
source: sevima.com

Setelah mencoba mengikuti cara dan memenuhi persyaratan diatas, ternyata berhasil masuk ke tahap seleksi. Adapun beberapa tahap seleksi harus diikuti yaitu seleksi administrasi serta seleksi tes bakat skolastik.

Dalam tahap seleksi administrasi, pihak lembaga akan menyaring atau menilai mereka berdasarkan data dan berkas sudah dikumpulkan pada saat pendaftaran. Kemudian, seleksi tes bakat skolastik terdiri dari tes verbal, tes penalaran numerik serta tes penalaran masalah.

Nah, untuk kamu bingung apa saja persiapan mengikuti tes bakat skolastik. Kami telah membuat rangkuman tips lolos tahap seleksi beasiswa kuliah gratis. Ingin tahu lebih jelas, langsung simak ulasan dibawah ini.

1. Tingkatkan Skor TOEFL

Tips pertama yaitu meningkatkan skor TOEFL, karena sertifikat bahasa inggris menjadi salah satu komponen penting wajib dilampirkan aga lolos seleksi di tes ini. Sebab itu, skor TOEFL, IELTS atau sertifikat bahasa inggris harus sangat baik agar kamu bisa lolos pada tes seleksi beasiswa kuliah gratis.

Untuk mendapatkan sertifikat TOEL langsung dari tempat kursus atau les bahasa Inggris dengan akreditasi sangat baik. Sehingga lembaga atau pemerintahan akan lebih percaya bahwa memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris.

2. Sering Mengerjakan Contoh Soal

Tips kedua yaitu sering mengerjakan contoh soal yang bisa didapatkan dari internet atau sumber terpercaya. Karena kamu akan menjalani tes penalaran numerik dengan mengukur kemampuan dalam berhitung atau memecahkan masalah numerik.

Soal dalam tes penalaran numerik ini sama seperti tes TIU pada seleksi CPNS atau UTBK. Dalam soal tersebut mencangkup aritmatika, logika bilangan serta masih banyak lainnya.

3. Melampirkan Letter of Acceptance

Tips terakhir yaitu melampirkan surat Letter of Acceptance dari kampus pilihan kamu. Ini hanya dikhususkan untuk kamu yang tidak ingin mengikuti tes bakat skolastik, sehingga peluang mendapatkan beasiswa kuliah gratis sangat besar.

Namun, mendapatkan surat Letter of Acceptance sangat sulit. Dimana kamu harus memiliki prestasi akademik atau membangun kampus diinginkan menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan di atas tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis adalah kampus akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang memiliki prestasi atau keahlian untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Selain itu, kampus telah bekerja sama dengan pemerintah atau lembaga pendidikan untuk membantu mahasiswa kurang mampu dalam segi ekonomi.

Demikian informasi dapat disampaikan oleh dilectae.com tentang cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan sarjana dengan memanfaatkan beasiswa gratis.

Bagikan: