Biaya Masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon 2024, Terlengkap!

Anjar Rizki

Bagi kamu yang berencana masuk ke Pondok Pesantren Buntet Cirebon untuk menempuh pendidikan. Tentunya sangat penting untuk mengetahui informasi biaya masuk pondok pesantren buntet cirebon.

Sebab seperti yang banyak orang ketahui, menempuh pendidikan di pondok pesantren seringkali membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan menempuh pendidikan di sekolah umum. Hal ini dikarenakan ketika menempuh pendidikan di pondok selain kamu diharuskan membayar biaya pendidikan juga diharuskan membayar listrik, makan, dan kebutuhan pribadi lainnya.

Itulah mengapa sebelum masuk atau mendaftar di pesantren kamu harus mencari tahu informasi mengenai pembayaran di pesantren tersebut. Nantinya informasi mengenai biaya tersebut dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan apakah akan melanjutkan daftar di pesantren tersebut atau tidak.

Jangan asal mendaftar dan masuk ke suatu pesantren tanpa tahu biayanya karena bisa menyebabkan kamu mengalami kesulitan ke depannya terkait pembayaran. Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai informasi terkait biaya pendidikan di Pesantren Buntet Cirebon silakan simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon Terbaru

Biaya Masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon Terbaru
Source image: detik.com

Untuk jumlah pembayaran dari biaya masuk di Pesantren Buntet Cirebon adalah menyesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh santri tersebut. Adapun biaya masuk di Pesantren Buntet Cirebon adalah seperti di bawah ini:

Jenjang SD sampai SMA

RincianBiaya
InfaqRp.1.000.000
Dirosah DiniyyahRp.450.000/tahun
Iuran KebersihanRp.75.000
Iuran ListrikRp.450.000/tahun
Kartu Identitas SantriRp.25.000
LemariRp.300.000
SyahriyahRp.400.000/bulan
TotalRP.2.700.000

Jenjang STIT

RincianBiaya
Sumbangan Penyelenggaraan PendidikanRp.1.200.000/ semester
Sumbangan PembangunanRp.1.000.000
Jaket AlmamaterRp.200.000
KTMRp.50.000
Uang Kegiatan mahasiswaRp.200.000
Uang NIRM MahasiswaRp.200.000
Masa taarufRp.200.000
TotalRp.3.650.000

Syarat Masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Syarat Masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon
Source image: ikhbar.com

Untuk bisa masuk dan diterima menjadi santri di pondok pesantren Buntet Cirebon kamu harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak pesantren. Adapun persyaratan harus dipenuhi calon santri agar bisa masuk atau diterima di pondok pesantren Buntet Cirebon adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Bersedia ditempatkan di asrama.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi KTP orang tua.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi Ijazah dilegalisir.
  • Fotokopi SKHUN dilegalisir.
  • Nilai Raport dilegalisir.
  • Pas foto 3×4 2 lembar
  • Pas foto 4×6 1 lembar.

Profil Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Profil Pondok Pesantren Buntet Cirebon
Source image: jabat.nu.or.id

Sosok pendiri dari pesantren Buntet Cirebon adalah Kyai Muqayim, yang merupakan tokoh yang cukup terkenal dan berpengaruh di jawa barat pada abad ke 18 silam. Pesantren Buntet Cirebon pertama kali didirikan pada tahun 1758 di era penjajahan Belanda.

Pada awal mulanya, pesantren Buntet Cirebon adalah sebuah tempat untuk mengaji Al Quran bagi masyarakat setempat. Pada awal berdirinya, bangunan pesantren Buntet Cirebon hanya dibuat menggunakan bilik bambu dengan beratapkan ilalang saja.

Jumlah santri di tempat tersebut juga masih belum terlalu banyak sebab pondok pesantren Buntet Cirebon hanya memiliki kamar saja. Namun, setelah 3 abad didirikan pondok pesantren Buntet Cirebon sekarang telah menjelma menjadi salah satu pesantren besar yang ada di Provinsi Jawa Barat dengan banyak santri.

Santri dari pondok pesantren ini pun sekarang bukan hanya berasal dari Provinsi Jawa Barat saja, namun juga dari berbagai seluruh kota di Indonesia. Hal ini wajar saja sebab, pesantren ini terkenal sebagai salah satu pesantren terbaik di Indonesia.

Fasilitas Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Fasilitas Pondok Pesantren Buntet Cirebon
Source image: kbaa.blogspot.com

Perlu kamu ketahui, ada beberapa fasilitas yang ditawarkan pondok pesantren Buntet Cirebon kepada santrinya. Adapun fasilitas ditawarkan oleh pondok pesantren Buntet Cirebon kepada santrinya adalah seperti di bawah ini:

1. Asrama

Fasilitas pertama yang akan didapatkan oleh semua santri dari Pondok Pesantren Buntet Cirebon adalah asrama. Untuk asramanya sendiri tentunya antara putra dan putri akan dipisah sesuai dengan syariat islam.

Tujuan pemisahan ini selain karena aturan agama juga untuk memastikan kenyamanan dan keamanan dari santri itu sendiri. Untuk kondisi asrama untuk tempat tinggal dari santri selama menjalani pendidikan di Pesantren Buntet Cirebon sangatlah nyaman sebab sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, dan meja belajar.

Ukuran ruangan dari asrama tersebut juga cukup longgar alias tidak sempit sehingga tidak membuat sesak dan pengap. Kapasitas dari asrama ini juga cukup banyak sehingga tidak perlu khawatir akan ada santri yang tidak mendapatkan tempat tidur.

2. Makan

Fasilitas berikutnya yang diberikan Pesantren Buntet Cirebon adalah makan untuk semua santrinya. Untuk jatah makannya sendiri adalah 3 kali sehari, yaitu saat pagi hari, siang hari, dan juga saat malam hari.

Dengan adanya fasilitas ini para santri tidak perlu repot memasak atau membeli makan dari tempat lain. Adanya fasilitas ini tentunya sangat membantu para siswa, sebab mereka akan bisa fokus untuk belajar tanpa harus memikirkan mencari makan.

Menu makan disediakan juga cukup beragam dan bergizi yang tentunya baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang para siswa. Sebab itu para orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anaknya akan sakit karena makanan di pesantren tersebut.

3. Air

Air juga merupakan fasilitas yang bisa digunakan sepuasnya oleh para santri di pesantren Buntet Cirebon. Jadi kapan pun para santri ingin menggunakan air untuk berbagai keperluan seperti misalnya untuk mencuci pakaian.

Air bisa digunakan oleh santri ini tentunya adalah air bersih, sehingga aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping seperti misalnya gatal. Sebab air ini merupakan air PAM yang bersumber dari pegunungan.

4. Kamar mandi

Pesantren Buntet Cirebon juga dilengkapi kamar mandi bersih yang bisa digunakan oleh para santrinya. Dengan begitu para santri tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain ketika ingin buang hajat ataupun mandi.

Namun meskipun jumlah kamar mandinya cukup banyak, jumlah santri di pesantren ini jauh lebih banyak. Karena itu, jika kamu menjadi santri di pesantren Buntet Cirebon dan ingin mandi tanpa antri maka bangunlah lebih awal.

5. Listrik

Fasilitas terakhir yang akan didapatkan oleh santri di Pondok Pesantren Buntet Cirebon adalah listrik bisa digunakan selama 24 jam. Jadi, ketika kamu ingin menggunakan lampu untuk belajar di tengah malam sekalipun tidak akan ada yang melarang.

Bagi santri sudah kuliah, fasilitas ini bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik yang dibawa seperti misalnya laptop dan ponsel. Selain itu, bagi santri yang mungkin membawa kipas juga bisa menggunakan fasilitas ini untuk menyalakan kipas tersebut.

Alamat Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Alamat Pondok Pesantren Buntet Cirebon
Source image: YouTube/El Bassam

Untuk alamat dari pesantren Buntet Cirebon adalah di Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Untuk akses menuju pesantren ini bisa ditempuh menggunakan motor, mobil pribadi, bahkan kendaraan besar seperti bus.

Hal ini dikarenakan lokasi dari pesantren ini cukup strategi dan kondisi jalan yang menuju ke pesantren tersebut cukup baik. Karena itu tidak sulit menemukan kendaraan umum yang melintas melewati pesantren tersebut

Program Pendidikan Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Program Pendidikan Pondok Pesantren Buntet Cirebon
Source image: jabar.nu.or.id

Perlu kamu ketahui, pesantren Buntet Cirebon memiliki program pendidikan cukup lengkap untuk para santrinya contohnya Pesantren Kilat. Hal ini tidak mengherankan mengingat pesantren ini merupakan salah satu pesantren cukup besar di daerah Jawa Barat.

Karena itu santri di Pesantren Buntet Cirebon sangat banyak dan juga terdiri dari berbagai usia. Nah, untuk program pendidikan yang ditawarkan oleh Pesantren Buntet Cirebon sendiri adalah seperti di bawah ini:

  • TK atau Taman Kanak-Kanak
  • Madrasah Diniyah
  • MI atau Madrasah Ibtidaiyah
  • MTsNU Putra I
  • MTsNU Putra II
  • MAN atau Madrasah Aliyah Negeri
  • MANU Putra
  • MANU Putri
  • SMK Mekanika Buntet Pesantren
  • STIT atau Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
  • Akademi Perawat Buntet Pesantren
  • PKBM
  • BLK atau Balai Latihan Kerja Komunitas
  • LKP atau Lembaga Kursus dan Pelatihan

Selain menyediakan program pendidikan formal, pesantren ini juga menyediakan program pendidikan khusus seperti Tahfiz Quran, Pra Tahfiz Quran, Ma’had Ali, dan juga Arabyiah Syarofiyah. Tujuan diadakannya program pendidikan di atas adalah agar lahir banyak ahli dalam bidang-bidang tersebut untuk melanjutkan dakwah agama islam.

Kesimpulan

Nah itulah tadi informasi mengenai biaya masuk Pondok Pesantren Buntet Cirebon yang harus kamu ketahui. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa berguna terutama untuk kamu yang berniat masuk dan menjadi santri di Pesantren Buntet Cirebon.

Bagikan: