Biaya Pondok Pesantren Al Wafa SMP dan SMA TA 2024/2025

Anjar Rizki

Biaya pondok pesantren al wafa saat ini bisa dibilang memiliki nilai sangat affordable di mata masyarakat. Al Wafa menjadi salah satu pondok pesantren favorit para orang tua terutama bagi mereka menginginkan anaknya untuk masuk ke pondok pesantren.

Seperti kamu ketahui, saat ini pondok pesantren Al Wafa mengalami pertumbuhan dan peningkatan setiap tahunnya. Ini menandakan bahwa semakin hari orang tua semakin menunjukkan ketertarikan dan rasa antusias untuk mengembangkan pendidikan Islami sifatnya modern.

Sama halnya pondok As Syafi’iyah, pesantren Al Wafa memberikan fasilitas cukup lengkap serta tenaga pengajar berkualitas. Sebab itu, banyak Orang Tua atau Wali mencari tahu besaran biaya masuk pondok pesantren AL Wafa.

Al Wafa sendiri merupakan sebuah sekolah pondok pesantren yang memiliki 2 tingkatan yaitu SMP dan SMA Tahfidz yang memiliki asrama di dalamnya. Apabila kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai pondok pesantren Al Wafa, maka simak artikel ini hingga tuntas ya!

Biaya Pondok Pesantren Al Wafa Terbaru

Biaya Pondok Pesantren Al Wafa Terbaru
Source image: sekolahsunnah.com

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentunya adalah biaya pondok pesantren di Al Wafa. Kini, pondok pesantren Al Wafa memiliki jenjang pendidikan SMP dan SMA, sehingga biaya masuknya juga berbeda-beda.

Apabila kamu sedang mencari tahu terkait biaya masuk pondok pesantren Al Wafa SMP maupun SMA, ada baiknya simak penjelasan di bawah ini.

SMP

Masuk di tahun ajaran baru, biaya masuk pondok pesantren Al Wafa SMP dibutuhkan banyak orang. Tidak butuh waktu lama-lama, berikut adalah rincian biaya masuk pondok pesantren Al Wafa jenjang SMP.

KeteranganBiaya
Biaya formulir dan tesRp. 300.000,-
Biaya uang pangkalRp. 14.500.000,-
Biaya SPP dan kegiatan bulan JuliRp. 1.400.000,-
Daftar ulang kenaikan kelasRp. 1.750.000,-
Total BiayaRp. 17.950.000,-

SMA

Selanjutnya adalah biaya untuk masuk ke pondok pesantren Al Wafa tingkat SMA tahun ini yang mencakup biaya formulir tes, uang pangkal, SPP, kegiatan, dan juga daftar ulang. Biayanya pun tergolong masih standar dan wajar untuk ukuran sebuah sekolah tingkat SMA, sebagai berikut:

KeteranganBiaya
Biaya formulir dan tesRp. 350.000,-
Biaya uang pangkalRp. 13.000.000,-
Biaya SPP dan kegiatan bulan JuliRp. 1.400.000,-
Biaya daftar ulang kenaikan kelasRp. 1.750.000,-
Total BiayaRp. 16.500.000,-

Daftar uang pangkal diatas sudah termasuk dengan seragam berjumlah 2 setel. Selain itu, anak juga akan beberapa sarana dan prasarana wakaf seperti kelas, asrama, Kasur, ranjang, dan juga bantal.

Tidak lupa anak juga akan mendapatkan buku paket bisa dipakai selama satu tahun lamanya alias selama 2 semester. Biaya ini tergolong biaya sangat standar untuk daerah Bekasi dan juga sekitarnya.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Wafa

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Wafa
Source image: YouTube/Al-Wafa TV

Nah setelah kamu mengetahui biaya masuk di pondok pesantren SMP dan juga SMA Al Wafa, maka selanjutnya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara masuk atau apa saja persyaratan harus dipenuhi. Berikut beberapa persyaratan harus kamu penuhi, sebagai berikut:

  1. Persyaratan pertama adalah haruslah mengisi secara lengkap formulir pendaftaran sebelumnya sudah diberikan oleh pihak sekolah. Setelah itu langsung menjalani proses tes lalu juga penerimaan hasil pengumuman dari test.
  2. Persyaratan kedua adalah membayar biaya pendaftaran sesuai dengan yang sudah disebutkan diatas. Jika ingin mendaftar SMP, maka lihat biaya pendaftaran untuk SMP, sedangkan jika kamu mendaftar di SMA, maka lihat biaya pendaftaran untuk SMA.
  3. Persyaratan ketiga adalah haruslah memiliki tekad sangat kuat serta atas kemauan dari diri sendiri sehingga tidak boleh ada paksaan dari orang lain maupun pihak luar.
  4. Persyaratan keempat bagi yang mendaftar ke SMP, haruslah lulus dari SD terlebih dahulu. Tapi untuk mendaftar ke SMA, haruslah lulus dari SMP terlebih dahulu.
  5. Persyaratan kelima adalah memenuhi persyaratan administrasi seperti SKHUN, Ijazah, KK, dan juga Akta Kelahiran.
  6. Persyaratan keenam haruslah sudah lancar dalam membaca kitab suci Al-Quran.
  7. Persyaratan ketujuh adalah mau serta sanggup untuk tanggal di asrama.
  8. Syarat kedelapan adalah membawa surat keterangan sehat dari dokter.
  9. Syarat terakhir adalah harus dan sanggup mematuhi semua peraturan selama di pesantren.

Profil Pondok Pesantren Al Wafa

Profil Pondok Pesantren Al Wafa
Source image: YouTube/AL-WAFA TV / SMK AL-WAFA

Al Wafa menjadi salah satu sekolah boarding didirikan dengan tujuan untuk mempersiapkan para generasi muda Tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan di peradaban kini, peradaban masa depan dengan menanamkan karakter akhlak muslim.

Akhlak yang dimaksud adalah akhlak lurus fikrah atau fitrahnya juga mulia seperti dalam manhaj Rasulullah SAW yang tentunya sudah shahih.

Pondok pesantren Al Wafa berlokasi di Jalan Masjid Bilal Bin Rabah, tepatnya di RT 02, Dusun 3 Nomor 9, di Desa Kertarahayu, Setu, Bekasi, Jawa Barat. Untuk lokasi SMP dan SMA memiliki letak berbeda.

Metode Pendidikan diberikan bertujuan untuk menyeimbangkan soft sill dan hard skills sehingga bisa mempersiapkan para siswanya untuk menjadi manusia seutuhnya sehingga bisa bermanfaat bagi orang disekitarnya serta tumbuh menjadi sosok bisa mandiri.

Visi yang diusung yaitu menjadi sebuah Lembaga Tahfidz Al-Quran yang memiliki kualitas untuk bermanhaj ahlus sunnah wal jamaah, sehingga bisa sesuai dengan pemahaman generasi salaful ummah.

Sedangkan misi diusung adalah mencetak seorang generasi penghafal Al Quran yang bisa bermanfaat kaum muslimin, serta bisa mencetak para pembimbing Al Quran, nantinya dapat meneruskan ilmu Al Quran kepada generasi selanjutnya sehingga bisa diturunkan terus menerus.

Fasilitas Pondok Pesantren Al Wafa

Fasilitas Pondok Pesantren Al Wafa
Source image: alwafaboardingschool.sch.id

Apakah kamu tau, pondok pesantren Al Wafa memiliki sarana dan fasilitas yang memiliki standar baik untuk sebuah sekolah boarding. SMA Tahfidz Al-Wafa memiliki Gedung atau juga local milik sendiri di lingkungan asri. Tidak hanya itu saja, di pondok pesantren Al Wafa juga ada beberapa area pengembangan untuk para santri seperti:

  • Area memanah
  • Sarana berkuda
  • Lapangan basket
  • Lapangan futsal
  • Lapangan
  • Lapangan badminton
  • Tenis meja
  • Badminton
  • Area berenang
  • Tenis meja

Selain area pengembangan dalam hal olahraga, lembaga ini juga ternyata memiliki area untuk bercocok tanam, berkebun, menjahit, beternak lele, beternak kambing, beternak angsa, serta juga bisa merajut.

Program Pendidikan Pondok Pesantren Al Wafa

Program Pendidikan Pondok Pesantren Al Wafa
Source image: kalteng.kemenag.go.id

Nah bagi kamu yang penasaran tentang program apa saja diberikan oleh Lembaga pesantren Al Wafa melaksanakan aktivitas mendidik secara sistematis, terencana, serta berkesinambungan. Dalam proses mendidik, selalu dihadirkan nilai iman pada semua aktivitas anak.

Jadi, anak tumbuh menjadi sosok istiqomah, ikhlas, berani dalam kebenaran, gemar membantu, disiplin, gemar beribadah, atau juga mau untuk selalu bersyukur.

Tidak hanya dalam agama atau perilaku saja, Lembaga ini juga melahirkan anak yang memiliki karakter seorang santri memiliki tingkat kreativitas sangat tinggi, memiliki daya juang sangat tinggi, penuh akan inisiatif, kritis sesuai dengan As – Sunnah serta Al Quran.

Beberapa materi diberikan adalah materi inti, materi pengembangan, materi pendukung, hingga materi selingan. Materi inti yang diberikan ini di dalamnya terdapat ilmu tahfidz maupun tajwid di dalam Al Quran.

Untuk materi pengembangan, biasanya diajarkan kepada anak-anak di tahun kedua terdiri atas Teknik menjahit pola maupun busana, pemrograman computer, wirausaha kuliner, desain grafis, desain web, atau juga membuat aplikasi Android.

Tidak lupa pada masa pembelajaran materi pengembangan ini, anak-anak juga akan tetap diberikan kajian ilmiah sesuai dengan jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pada panitia kajian Pesantren Al Wafa.

Materi terakhir adalah materi pendukung yang mana materi ini terdiri atas ilmu syar’i seperti hafalan aqidah, matan, serta Hadits. Tidak lupa juga dalam proses pembelajaran, anak-anak juga diberikan materi bahasa Arab.

Jadi, bisa dilihat bahwa keunggulan dari Lembaga Al Wafa Ini adalah bisa mencetak para hafidz dan hafidzah bisa menghafal matan-matan hadits Umdatul Ahkam serta Arbain Nawawi. Tidak lupa juga anak memiliki keterampilan life skill yang akan sangat berguna untuk menunjang kehidupan mereka di lingkungan masyarakat social.

Kesimpulan

Biaya Pondok Pesantren Al Wafa setelah kalian lihat atau diketahui dengan segudang program serta fasilitas yang diberikan terhitung murah bukan? Jadi, dimana lagi kamu bisa mendapatkan berbagai fasilitas maupun program sangat bagus ini jika bukan di Lembaga Pondok Pesantren Al Wafa.

Bagikan:

Tags