Biaya Masuk Pondok Pesantren As Syafi’iyah 2024, Terlengkap

Anjar Rizki

Tentang biaya masuk Pondok Pesantren As Syafi’iyah memang sedang dicari banyak orang. Pondok pesantren modern tersebut memang sedang menjadi favorit saat ini.

Untuk dapat masuk ke pondok pesantren tersebut memang harus melalui prosedur yang tepat dan benar. Termasuk bagaimana alur pendaftaran dan biaya untuk dapat masuk ke pondok tersebut.

Informasi mengenai biaya masuk ke pondok pesantren tersebut memang sangat penting sekali. Supaya, bisa dipersiapkan sebelum mendaftar langsung ke Pondok Pesantren As Syafi’iyah.

Kamu tertarik untuk mondok atau belajar ngaji di sana? Yuk lihat rincian biaya masuk dan informasi lengkap lainnya!

Biaya Masuk Pondok Pesantren As Syafi’iyah Terbaru

Biaya Masuk Pondok Pesantren As Syafi'iyah Terbaru
Source image: tribratanews.bekasikota.metro.polri.go.id

Bagi Kamu yang berminat dan tertarik untuk sekolah sambil ngaji di As Syafi’iyah, pasti membutuhkan informasi detail. Terutama untuk biaya masuk ke pondok pesantren modern tersebut.

Di bawah ini akan diberikan perkiraan rincian biaya masuk ke Pondok Pesantren As Syafi’iyah. Inilah perkiraan rincian untuk biaya masuknya:

NoKeteranganBiaya
1.Biaya pendaftaranRp 350.000
2.Kegiatan OrientasiRp 75.000
3.Seragam SantriRp 690.000
4.Uang PangkalRp 600.000
5.Biaya PendidikanRp 275.000
6.Biaya AsuransiRp 150.000

Alur Pendaftaran Pondok Pesantren As Syafi’iyah

Alur Pendaftaran Pondok Pesantren As Syafi'iyah
Source image: ibupedia.com

Untuk dapat belajar di Pondok Pesantren As Syafi’iyah, Kamu perlu mengetahui alur pendaftaran. Di bawah ini akan disebutkan langkah-langkah pendaftaran apa saja yang harus dipenuhi oleh si calon santri:

1. Membayar Biaya Pendaftaran

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah dengan membayar biaya pendaftaran. Untuk biaya pendaftaran yaitu sebesar 350.000 rupiah sesuai dengan rincian di atas.

Biaya tersebut dapat dikirimkan ke rekening pihak pondok. Setelah itu Kamu baru akan mendapatkan sebuah formulir pendaftaran.

2. Melakukan Pendaftaran

Setelah melakukan pembayaran pendaftaran, formulir baru akan dikirimkan. Formulir tersebut akan dikirimkan secara online melalui WhatsApp.

Formulir tersebut berisi beberapa pertanyaan mengenai informasi pribadi si calon santri. Sebaiknya isilah formulir tersebut dengan benar dan jujur.

3. Menyiapkan Berkas

Selain mengisi formulir, Kamu juga harus mempersiapkan beberapa berkas penting. Dokumen atau berkas tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak pondok.

Untuk berkas yang harus disiapkan yaitu identitas diri, seperti kartu keluarga. Ada juga berkas penting lainnya, yang nantinya akan diinformasikan lebih lanjut.

4. Penyerahan Berkas

Apabila berkas sudah disiapkan dengan benar dan komplit, maka harus segera diserahkan. Biasanya berkas dikumpulkan bersama dengan formulir sudah diisi.

Penyerahan berkas tersebut memiliki tenggat waktu tidak lama. Jadi, pastikan setelah semua siap segera kumpulkan ke pihak pondok.

5. Mengikuti Tes

Tidak hanya mengisi formulir dan menyerahkan berkas saja. Untuk dapat masuk ke As Syafi’iyah, Kamu harus mengikuti beberapa tes.

Terdapat tes dilakukan dengan online, namun ada juga offline. Tes jenis offline biasanya dilakukan saat menyerahkan berkas.

Tes yang akan dilakukan calon santri yaitu berupa tes akademik dan praktek ubudiyah. Selain itu, akan terdapat sesi wawancara juga antara calon santri dan walinya.

Profil Pondok Pesantren As Syafi’iyah

Profil Pondok Pesantren As Syafi'iyah
Source image: harga.web.id

Pondok pesantren As Syafi’iyah dengan mengusung konsep modern memang sedang diminati banyak orang. Sehingga, tak heran bila banyak yang mencari profil pondok pesantren satu ini.

Untuk Pondok Pesantren As Syafi’iyah sendiri didirikan oleh Almarhum KH. Abdullah Syafi’ie. Tepatnya pondok As Syafi’iyah diresmikan langsung pada tanggal 15 Januari 1977.

Pemimpin pertama dari pondok As Syafi’iyah adalah putri bungsu dari Almarhum KH. Abdullah Syafi’ie, yang bernama Ustadzah Hj. Ida Farida Abdullah Syafi’ie. Saat ini sudah diteruskan oleh para penerusnya.

Banyak orang tidak tahu bahwa pondok pesantren As Syafi’iyah adalah pesantren putri. Jadi, otomatis santri dari pondok As Syafi’iyah semua berjenis kelamin perempuan.

Bahkan, menariknya lagi pondok pesantren As Syafi’iyah juga menyediakan pondok khusus anak yatim. Tepatnya ada di samping pondok pesantren utama.

Bagi anak yatim ingin belajar di pondok As Syafi’iyah tidak akan dikenakan biaya apapun. Sehingga, memudahkan para santri untuk belajar dengan nyaman.

Di pondok pesantren As Syafi’iyah, para santri juga bisa sambil bersekolah. Untuk jenjang yang diberikan yaitu ada SMP dan juga MA.

Para santri juga akan mendapatkan dua ijazah setelah mengenyam pendidikan di pondok. Ijazah yang akan didapatkan yaitu ijazah umum dan juga ijazah diniyah.

Fasilitas Pondok Pesantren As Syafi’iyah

Fasilitas Pondok Pesantren As Syafi'iyah
Source image: harga.web.id

Saat belajar dan mengaji di pondok pesantren As Syafi’iyah, Kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas lengkap dan mumpuni. Berikut beberapa fasilitas akan didapatkan santri:

1. Kamar Tidur

Fasilitas pertama yaitu ada kamar tidur nyaman. Di dalam pondok As Syafi’iyah mempunyai kamar hingga 14 ruangan.

Biasanya para santri akan tidur bersama enam santri lainnya. Kamarnya pun cukup luas dan tentunya tidak berdesak-desakan.

2. Kamar Mandi

Untuk fasilitas kedua yaitu ada kamar mandi bersih dengan jumlah banyak. Kamar mandi dimiliki oleh pondok As Syafi’iyah mencapai 12 ruangan.

Jadi, para santri bisa dengan nyaman memakai kamar mandi tanpa perlu terburu-buru.  Sehingga, tidak akan mengganggu waktu sholat dan juga mengaji.

3. Makan

Tentunya seperti pondok pesantren yang lainnya, di As Syafi’iyah juga memberikan fasilitas makan. Fasilitas ini diberikan tiga kali sehari, di mana merupakan makan berat.

Menu diberikan juga bergizi serta lezat, sehingga para santri tidak akan kelaparan. Santri pun akan lebih bisa berkonsentrasi dalam belajar di pondok.

4. Ruangan Kelas

Fasilitas berikutnya adalah ruangan kelas nyaman. Di sekitar ruangan kelas juga ada lingkungan bersih serta sejuk.

Santri pun bisa belajar lebih nyaman dengan lingkungan yang bersih. Setiap jenjang pendidikan memiliki ruangan kelas yang berbeda.

Alamat Pondok Pesantren As Syafi’iyah

Alamat Pondok Pesantren As Syafi'iyah
Source image: kelumajang.com

Ada sebagian orang yang belum mengetahui pasti lokasi dari pondok pesantren ini. Tentunya lokasinya cukup terjangkau dan bisa diakses dengan mudah juga.

Untuk lokasinya sendiri yaitu berada di Jalan Jatiwaringin 45, Pondok Gede, Bekasi. Lokasinya mudah ditemukan serta bisa dilalui juga dengan kendaraan apapun.

Program Pondok Pesantren As Syafi’iyah

Program Pondok Pesantren As Syafi'iyah
Source image: pixabay.com

Terdapat pula beberapa program ada di dalam Pondok Pesantren As Syafi’iyah. Inilah berbagai program yang dapat diikuti:

1. Program Muhadhoroh

Sepertinya di setiap pondok pesantren memiliki program satu ini, yaitu muhadhoroh. Sebuah program yang akan mengajarkan santri berpidato dengan bagus.

Jadi, bagi Kamu yang sedang belajar berbicara di depan banyak orang. Cocok sekali untuk mengikuti program yang satu ini.

2. Program Pendalaman Bahasa

Ada juga program untuk mendalami bahasa tertentu. Untuk di pondok ini sendiri para santri bisa mendalami bahasa Inggris atau juga Arab.

Kemampuan berbahasa saat ini memang sangat dibutuhkan. Apalagi, untuk para santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

3. Program Halaqah Kitab

Para santri juga bisa mengikuti program halaqah kitab. Bagi Kamu ingin memperdalam sebuah kitab, cocok sekali untuk mengikutinya.

Biasanya nantinya akan terdapat beberapa orang duduk melingkar. Kemudian akan membahas satu kitab secara mendalam.

4. Program Tahsin Dan Tahfidz

Untuk program yang satu ini sudah pasti tidak asing di telinga para santri. Program tahsin dan tahfidz memang menjadi program paling diminati.

Bentuk dari program ini sendiri yaitu santri akan belajar membaca Al Quran dengan benar. Selain itu, akan diajarkan juga cara untuk menghafalnya.

5. Program Paskibraka

Tidak hanya ada program akademik saja, ada juga program non akademik. Pondok modern ini juga menyediakan program paskibraka.

Program ini bisa diikuti oleh para santri yang senang dengan kegiatan fisik. Tentunya bisa melatih disiplin dan juga meningkatkan rasa percaya diri.

Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan di atas, bisa diambil sebuah kesimpulan. Bahwa untuk belajar sembari mengaji di pondok ini sangatlah terjangkau.

Rincian perkiraan biaya sudah dijelaskan di atas dengan jelas. Termasuk syarat untuk dapat masuk ke Pondok Pesantren As Syafi’iyah.

Selain itu, ada beberapa fasilitas juga sangat lengkap. Seperti kamar tidur layak, makanan bergizi, serta ruangan kelas nyaman.

Terdapat pula beberapa program bisa diikuti oleh para santri. Tinggal pilih saja program yang paling sesuai dengan minat serta bakat.

Itulah biaya masuk Pondok Pesantren As Syafi’iyah paling terbaru. Bagaimana? Kamu semakin tertarik bukan untuk mondok di sana. Apalagi dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta program yang unggul. Dijamin bakat Kamu akan semakin terasah dan meningkat.

Bagikan:

Tags