Biaya Pondok Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon 2024, Lengkap!

Anjar Rizki

Bagi yang ingin merasa tertarik untuk menjadi siswa di pondok BIMA, maka tentunya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai biaya Pondok Pesantren Bina Insan Mulia. Terlebih lagi pondok pesantren Bina Insan Mulia Cirebon, Jawa Barat ada jenjang SMP dan SMA tentu biaya masuk berbeda-beda.

Biaya yang harus dibayar sebagai santri di pondok pesantren Bina Insan Mulia terbilang sangat bersahabat atau tidak terlalu tinggi. Sama halnya pondok pesantren Al Bahjah dan Buntet Cirebon, ponpes Bina Insan Mulia memiliki fasilitas sangat lengkap.

Bahkan, ada pula bagian asrama mampu membuat santri generasi Z semakin tergiur untuk belajar di sana, karena fasilitas yang disediakan telah memadukan dua konsep antara hotel berbintang maupun pesantren. Oleh karena itu, maka tidak heran jika biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan kualitas tingkat tinggi.

Untuk tahun pelajaran di tahun ini, pihak Pondok Pesantren Bina Insan Mulia juga akan menerapkan beberapa komponen yang harus dibayar oleh para calon siswa. Untuk mengetahui apa saja komponen tersebut dan informasi tambahan lainnya mengenai pondok ini, mari simak artikel berikut!

Biaya Pondok Pesantren Bina Insan Mulia Terbaru

Biaya Pondok Pesantren Bina Insan Mulia Terbaru
Source image: bangsaonline.com

Sebenarnya, biaya harus dikeluarkan untuk masuk ke pondok pesantren Bina Insan Mulia dihitung dan ditentukan berdasarkan jenjang pendidikan ditempuh oleh calon santri. Terdapat beberapa komponen perlu diperhatikan baik-baik, seperti yang ada di bawah ini:

KeteranganBiaya SMPBiaya SMK/MA
Daftar UlangRp. 1.000.000Rp. 500.000
Uang Istighosah BulananRp. 10.000Rp. 10.000
Uang Makan BulananRp. 380.000Rp. 380.000
Uang Laundry BulananRp. 70.000Rp. 70.000
Total BiayaRp. 1.460.000Rp. 960.000

Seluruh komponen tersebut berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari para santri tinggal di dalam pondok pesantren. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengingat bahwa biaya yang ada di atas dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karena itu pastikan untuk selalu mencari informasi terbaru dirilis secara resmi oleh pihak pesantren.

Syarat Masuk Pondok Pesantren Bina Insan Mulia

Syarat Masuk Pondok Pesantren Bina Insan Mulia
Source image: pesantrenbima.com

Tidak hanya mempersiapkan uang untuk membayar biaya masuk saja, namun calon santri maupun orang tua juga wajib untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan yang sudah diatur oleh pesantren. Sebagai calon santri, maka kamu pun harus memenuhi sejumlah persyaratan tersebut sehingga kamu diterima sebagai santri di pesantren Bina Insan Mulia.

Apabila terdapat bukti bahwa calon santri tidak memenuhi persyaratan, maka pihak pesantren memiliki hak untuk menolak santri tersebut. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan harus dipatuhi oleh calon santri yang ingin mendaftar:

  1. Membayar biaya pendaftaran sesuai jenjang pendidikan berlaku.
  2. Menyerahkan dokumen penting untuk mendukung administrasi, seperti:
  3. Pas foto terbaru berwarna
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi nilai UN terkini
  6. Fotokopi ijazah terkini
  7. Fotokopi rapor terakhir
  8. Fotokopi KTP milik orang tua
  9. Mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan untuk santri baru.
  10. Mengikuti serta lolos tes seleksi masuk pesantren, meliputi tes pengetahuan umum, praktik ibadah, serta pembacaan Al-Quran.
  11. Mengikuti serta lolos tes motivasi, tes minat bakat, serta tes psikologi.

Proses untuk mendaftar di Pesantren Bina Insan Mulia pun tidak terlalu sulit, sebab calon santri bisa mendaftar secara daring melalui situs resmi pesantren tanpa harus mendatangi pondok secara langsung. Ketika sudah mengisi formulir tersedia, kamu hanya perlu mengirimnya bersamaan dengan dokumen yang diperlukan kepada pihak pesantren.

Apabila dokumen tersebut sudah tepat, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti seluruh tes-tes harus dilalui. Jika calon santri dinyatakan lolos seluruh tes, maka tahapan paling terakhir adalah dengan melakukan pembayaran untuk daftar ulang.

Meskipun kini sudah bisa mendaftar secara daring, namun sebenarnya mendaftar di pesantren secara langsung masih tetap disarankan. Sebab, kamu akan memiliki kesempatan untuk melihat sendiri fasilitas apa saja yang ada, kondisi pesantren, serta bisa berkenalan dengan calon santri lainnya.

Profil Pondok Pesantren Bina Insan Mulia

Profil Pondok Pesantren Bina Insan Mulia
Source image: pesantrenbima.com

Pondok pesantren lebih terkenal sebagai Pondok Pesantren BIMA ini dibangun pertama kali pada tahun 1942 silam oleh KH. Sirojuddin. Beliau memiliki nama panggilan akrab yaitu Abah Siroj ini membeli tanah di perkampungan Tegal Koneng, lalu mendirikan tempat pengajian, rumah, serta tempat ibadah di sana.

Kiprah Abah Siroj yang begitu masif di masyarakat terlebih di penyebaran agama Islam membuat Tegal Koneng semakin dikenal oleh banyak orang sebagai tempat untuk belajar dakwah dan keislaman. Pada saat itu, masyarakat lebih sering menyebut pesantren Bina Insan Mulia sebagai Pondok Pesantren Tegal Koneng.

Ketika Abah Siroj sudah meninggal dunia, kepemimpinan pondok pesantren Bina Insan Mulia diteruskan oleh putra sulungnya, yakni KH. Anas Sirojuddin.

Pada masa kepemimpinan Kh. Anas, sistem pendidikan di pesantren menjadi lebih berkembang dengan pesat dengan terbukanya lembaga formal mulai dari PAUD hingga Madrasah Tsanawiyah dengan nama Al-Ikhlas.

Pada tahun 2012, Pondok Pesantren Al-Ikhlas ini berganti nama sebagai Pesantren Bina Insan Mulia. Terdapat perubahan cukup besar, seperti lembaga pendidikan yang dahulu dipegang oleh Pesantren Al-Ikhlas diserahkan dan diteruskan oleh pihak masyarakat sekitar.

Hingga saat ini, Pondok Pesantren BIMA telah menorehkan kiprahnya sangat gemilang dalam bidang dakwah atau membantu generasi muda dalam mempelajari agama Islam. Jumlah siswa belajar di pesantren ini pun semakin banyak, sehingga tidak heran jika banyak pula orang tertarik untuk menjadi siswa baru di sini.

Kamu dapat mengunjungi pesantren Bina Insan Mulia di alamat Jl. KH. Anas Sirojuddin, Cisaat, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat

Fasilitas Pondok Pesantren Bina Insan Mulia

Fasilitas Pondok Pesantren Bina Insan Mulia
Source image: pesantrenbima.com

Fasilitas yang disediakan oleh pondok pesantren kepada para siswanya sudah sangat beragam. Berikut adalah beberapa contoh fasilitas yang membantu para santri dan siswa agar dapat belajar dengan lebih baik:

1. Kamar Asrama

Fasilitas kamar tersedia termasuk cukup lengkap dan modern, sehingga santri tidak akan merasa jenuh saat berada di pondok. Contoh fasilitas kamar yang tersedia di setiap asrama adalah seperti berikut:

  • Kamar mandi
  • Kasur atau ranjang nyaman
  • Televisi setiap kamar dengan antena parabola
  • Stasiun televisi cukup banyak

2. Pendukung

Tidak hanya fasilitas kamar begitu lengkap, namun fasilitas pendukung yang tersedia juga begitu menyenangkan. Mulai dari fasilitas khusus pendidikan hingga hiburan, semuanya akan memanjakan para santri selama berada di pondok.

  • Taman luas
  • Masjid
  • Laboratorium bahasa lalu komputer
  • Lapangan olahraga
  • Ruang sekolah lalu asrama nyaman
  • Ruang praktik
  • Perpustakaan
  • Koperasi pondok
  • Jaringan internet Wi-Fi untuk seluruh area
  • Studio fotografi
  • Control room
  • DLL.

Program Pendidikan Pondok Pesantren Bina Insan Mulia

Program Pendidikan Pondok Pesantren Bina Insan Mulia
Source image: YouTube/NU Channel

Selain menyediakan materi sama seperti sekolah umum, pondok pesantren Bina Insan Mulia juga menyediakan program pendidikan lain yang bisa memperdalam ilmu agama. Beberapa contoh program terbukti begitu efektif terhadap para santri yaitu:

  • Program Fiqh

Program ini memberikan pembelajaran tentang fiqih menggunakan pendekatan kasus aktual sehingga hasilnya pun menjadi relevan dengan kondisi pada saat ini.

  • Program Eksak

Program Eksak berfokus untuk mempelajari ilmu tentang humanisme, teknologi, dan sains.

  • Program Tahfidz dan Tahsin

Program ini melatih para santri untuk menghafalkan Al-Quran dan telah berhasil melahirkan banyak hafiz dan hafizah lolos ke perguruan tinggi.

  • Program Qiroatul Kutub

Program ini mempelajari mengenai cara membaca kitab kuning serta tata bahasa Arab yang lebih efisien sehingga santri tidak merasa tertekan ketika sedang belajar.

  • Program Bahasa Arab

Program Bahasa Arab mempelajari bahasa Arab yang diajar secara langsung oleh native speaker dari Universitas Al-Azhar.

  • Program Bahasa Inggris

Program bahasa Inggris diajar oleh native speaker dan mengacu ke kurikulum Cambridge International Curriculum.

Kesimpulan

Biaya Pondok Pesantren Bina Insan Mulia memang patut untuk diperhitungkan karena sangat terjangkau namun disertai oleh kualitas pendidikan luar biasa.

Ketika kamu memutuskan belajar di pondok pesantren Bina Insan Mulia, maka rasakan sendiri kenikmatan fasilitas dan program pendidikan yang mampu memperluas ilmu pengetahuan kamu di berbagai bidang.

Bagikan: