Biaya Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya TA 2024/2025

Anjar Rizki

Salah satu informasi kini sedang dicari oleh banyak orang tua dan calon siswa adalah biaya Pondok Pesantren Suryalaya. Hal tersebut karena pondok pesantren yang satu ini memang memiliki reputasi begitu positif, sehingga tidak heran jika banyak orang ingin menempuh pendidikan di tempat ini.

Biaya harus disiapkan untuk menjadi siswa di Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya Jawa Barat pun harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Hampir sama seperti pondok pesantren Cipasung, biaya pendidikan di pondok ini pun mencakup berbagai macam hal.

Mulai dari seragam hingga buku-buku yang penting untuk menunjang kegiatan belajar, semuanya akan disiapkan oleh pihak pesantren. Siswa dan orang tua hanya perlu membayar sejumlah biaya sesuai dalam periode waktu tertentu.

Untuk tahun pelajaran ini, Pondok Pesantren Suryalaya juga telah menetapkan peraturan baru mengenai biaya pendidikannya. Berikut adalah informasi lengkap mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi siswa di Pondok Pesantren Suryalaya dan informasi tambahan lain tidak kalah penting.

Biaya Masuk Pondok Pesantren Suryalaya Terbaru

Biaya Masuk Pondok Pesantren Suryalaya Terbaru
Source image: ldtqn.or.id

Ketika calon santri atau pun calon siswa ingin mendaftarkan diri ke Pondok Pesantren Suryalaya, maka tentunya mereka akan diwajibkan untuk membayar beberapa komponen biaya tertentu. Mari perhatikan apa saja komponen biaya tersebut dan ketahui besaran biaya yang sudah ditentukan.

KeteranganBiaya
Kartu PerpustakaanRp. 15.000
Seragam OlahragaRp. 100.000
Peningkatan Mutu Sarana Peserta DidikRp. 750.000
Pas FotoRp. 20.000
Kartu OSISRp. 15.000
Seragam Batik Khas SuryalayaRp. 100.000
LKSRp. 140.000
Sabuk Logo Kementerian AgamaRp. 15.000
Buku Panduan MATSAMARp. 30.000
Seragam Batik Khas MTs Serba BaktiRp. 85.000
MateraiRp. 12.000
DSPTRp. 750.000/Tahun

Perlu diketahui pula bahwa sebenarnya, pihak Pondok Pesantren Suryalaya juga telah menyediakan opsi beasiswa bebas kepada para santri belajar di tempat ini. Beasiswa tersebut akan membantu para santri yang sebelumnya memiliki kesulitan dalam memenuhi pembayaran karena kondisi ekonomi keluarga kurang mampu.

Untuk mendapatkan beasiswa dari Pondok Pesantren Suryalaya, maka calon peserta didik harus memiliki nilai tinggi atau pun menjadi juara di perlombaan tingkat kabupaten. Lomba tersebut bisa berupa lomba pidato bahasa Inggris, kaligrafi, pidato bahasa Arab, lomba MTQ, dan lomba-lomba yang lainnya.

Santri Putra

Tidak hanya biaya untuk kebutuhan pendidikan saja, namun santri yang ingin mondok di pesantren Suryalaya juga harus membayar beberapa kebutuhan sehari-hari mereka. Berikut adalah komponen yang harus dibayar bagi calon siswa di asrama putra:

KeteranganBiaya
InfaqRp. 1.500.000
Cuci PakaianRp. 200.000/per bulan
PengajianRp. 350.000
PendaftaranRp. 50.000
FasilitasRp. 800.000/per bulan

Santri Putri

Sama halnya seperti di asrama putra, santri putri juga harus turut serta membayar biaya tertentu agar asrama dihuni tetap bersih dan berkualitas baik. Inilah contoh komponen yang perlu dipenuhi dan dibayar oleh santri putri:

KeteranganBiaya
Fasilitas AsramaRp. 1.650.000
SPP BulananRp. 650.000
Biaya Rehab AsramaRp. 1.750.000

Syarat Masuk Pondok Pesantren Suryalaya

Syarat Masuk Pondok Pesantren Suryalaya
Source image: mtssb-suryalaya.sch.id

Sebelum menjadi siswa di Pondok Pesantren Suryalaya, maka salah satu hal yang paling krusial dan tidak boleh dilupakan begitu saja yaitu calon siswa harus mengetahui tentang persyaratan masuk pesantren.

Tidak semua siswa diloloskan untuk menjadi salah satu bagian dari Pondok Pesantren Suryalaya, terlebih ketika ternyata siswa tersebut ternyata melanggar aturan dan kriteria dimiliki oleh pesantren.

Syarat-syarat tersebut dibuat oleh pihak pesantren untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif, sesuai dengan peraturan pemerintah, dan mengurangi konflik internal bisa muncul di dalam pesantren. Beberapa persyaratan yang harus diingat ketika ingin mendaftar di Pondok Pesantren Suryalaya adalah sebagai berikut:

  • Tidak membatalkan proses pendaftaran sebelumnya sudah dilakukan.
  • Dana sudah dibayarkan oleh pihak siswa tidak akan bisa dikembalikan.
  • Bagi siswa yang ingin mengajukan bantuan pemerintah dapat menyiapkan SKTM.
  • Tidak memiliki tato.
  • Memiliki niat yang besar untuk menuntut agama Islam.

Tidak hanya itu, namun calon siswa dan santri diwajibkan untuk mempersiapkan dokumen penting yang membantu proses pendaftaran. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan dengan baik saat mendaftar ke pesantren Suryalaya:

  • Fotokopi piagam penghargaan atau sertifikat prestasi sebanyak 1 lembar.
  • Fotokopi KTP milik orang tua sebanyak 5 lembar.
  • Pas foto dengan jumlah 2 lembar yang memiliki ukuran 3×4.
  • Fotokopi ijazah SD atau MI sebanyak 5 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 5 lembar.
  • Fotokopi rapor kelas IV sampai kelas VI saat SD/MI.
  • Fotokopi SHUN dengan jumlah 5 lembar.
  • Fotokopi syahdah/ijazah DTA dalam jumlah 5 lembar.
  • Fotokopi akta kelahiran sejumlah 5 lembar.
  • Fotokopi Daftar Nilai Kolektif Ujian Sekolah saat SD/MI sejumlah 2 lembar.

Profil Pondok Pesantren Suryalaya

Profil Pondok Pesantren Suryalaya
Source image: demokrat.or.id

Pondok pesantren Suryalaya pertama kali berdiri pada 5 September 1905 di Desa Tanjungkerta oleh Syekh Abdulloh Mubarok bin Nur Muhammad. Beliau sering disebut dengan nama panggilan Abah Sepuh di kalangan santri pesantren Suryalaya.

Pada masa berdirinya pesantren Suryalaya, banyak halangan dan rintangan yang menghambat kegiatan pendidikan karena terdapat kekangan dari pemerintah kolonial Belanda, tekanan dari masyarakat sekitar, dan juga kondisi alam yang tidak mendukung. Akan tetapi, hal tersebut nyatanya berhasil mereka hadapi dengan perkembangan yang cukup masif selama bertahun-tahun.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Suryalaya pun semakin berkembang dan mulai mendapatkan simpati positif dari pihak masyarakat. Tidak hanya jumlah siswa saja semakin banyak, namun sarana pendidikan ada di pondok juga semakin bertambah sehingga keberadaannya semakin dihargai oleh banyak pihak.

Pondok Pesantren Suryalaya berada di Desa Tanjungkerta, lebih tepatnya di Dusun Godebag, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat

Fasilitas Pondok Pesantren Suryalaya

Fasilitas Pondok Pesantren Suryalaya
Source image: republika.id

Untuk membuat siswa dan santri menjadi semakin nyaman dan menganggap pondok adalah rumah kedua, maka pihak pesantren pun menyajikan berbagai macam fasilitas baik. Berikut adalah beberapa contoh fasilitas yang dapat ditemukan ketika mengunjungi Pondok Pesantren Suryalaya:

  • Masjid
  • Kamar mandi tersebar di berbagai asrama sehingga siswa tidak perlu merasa kerepotan
  • Asrama yang berguna untuk menjadi tempat tinggal para santri
  • Ruang pertemuan atau aula untuk melakukan berbagai macam kegiatan
  • Dapur umum bisa digunakan bersama
  • Perpustakaan
  • Lapangan olahraga
  • DLL.

Program Pendidikan Pondok Pesantren Suryalaya

Program Pendidikan Pondok Pesantren Suryalaya
Source image: ldtqn.or.id

Ada begitu banyak program pendidikan akan dijalani oleh para siswa di Pesantren Suryalaya. Beberapa program pendidikan ada di pesantren Suryalaya terbagi ke dalam beberapa jenis kategori, seperti yang ada di bawah ini:

1. Pendidikan Umum

Sesuai dengan namanya, program pendidikan ini memang menyediakan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang sama seperti sekolah umum. Jenjang pendidikan pada pendidikan umum di antaranya adalah seperti:

  • STIE
  • SMAI
  • SMK
  • SMP
  • TK dan SD

2. Pendidikan Agama

Kategori yang selanjutnya adalah program pendidikan agama, yang mana pada program ini siswa akan lebih memfokuskan diri untuk mempelajari tentang agama secara lebih mendalam. Jenjang pendidikan pada kategori ini yaitu seperti berikut:

  • Santri tradisional
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Tsanawiyah
  • Madrasah Aliyah
  • IAILM

3. Inabah

Selanjutnya, ada program inabah di mana bisa diartikan sebagai program rehabilitasi untuk anak-anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Terdapat dua kategori program inabah dibedakan sesuai dengan gender siswa:

  • Inabah Putri
  • Inabah Putri

4. Pesantren Kilat

Terakhir, ada pesantren kilat yang sangat lazim diselenggarakan di sekolah untuk mengisi liburan sekolah atau ketika Ramadhan sedang berlangsung. Durasi yang ditempuh oleh siswa pun termasuk singkat karena hanya berlangsung selama beberapa hari atau minggu saja.

Kesimpulan

Itulah informasi singkat mengenai biaya Pondok Pesantren Suryalaya yang bisa kamu ketahui dengan baik. Tidak hanya menyiapkan biaya pendidikan semata, namun kamu juga harus bisa memantapkan diri dan bersedia untuk mengikuti seluruh ketentuan dari pesantren sehingga kamu bisa menuntut ilmu dengan lebih bermanfaat.

Bagikan: